Wisata Sepeda Keren, Ngrayun Ponorogo Serasa Australia Broo

Sebelumnya mimin mau ngucapin dulu nih, Selamat Tahun Baru Imlek buat yang ngerayain, Gong Xi Fat Chai. Semoga di tahun baru anjing ini, tidak ada lagi anjing yang disembelih, disate, digulai dan dimakan.

Liburan imlek kemarin saya diajakin sama rekan-rekan penghobi sepeda untuk bersepeda di pegunungan Ngrayun, Ponorogo. Lokasi di selatan pusat kota Ponorogo, berbatasan dengan Kabupaten Trenggalek dan Pacitan. Wiss jian keren tenan pemandanganya,.ini videonya Vlognya gan

Apalagi mimin diberi kesempatan untuk menunggangi sepeda impian, Cannondale Scalpel. Sepeda onthel yang shock depanya cuma separo, eh se biji doang maksudnya.

Dalam gowes bareng ini ada 3 komunitas yang ikut serta, ada MTB Reyog Ponorogo, Gowes Ponorogo (GoPro) dan Wakoka Adventure.

Dari pusat kota sepeda diangkut menggunakam mobil ke basecamp di desa Temon, Ngrayun. Paginya barulah start jelajah berbagai spot menarik.

Yang paling menarik adalah Batu Semaur. Batu tinggi besar ini ngingetin saya sama Uluru Stone di Australia sana. Batu ini terletak di pinggir jalan raya Ngrayun-Panggul Trenggalek yang nanti tembus jalur lintas selatan jawa.

Baca Juga:   New JUPITER MX ... Pilihan Bijak

Dari sana langsung menaklukan tantangan tanjakan Gunung Tumpang. Buat yang dengkulnya masih amatir seperti saya, akhirnya ya cuma mendorong sepeda ke atas bukit…. untung sepedanya enteng. hehee

Di sini kita makan siang dengan berbagai jamuan khas pedesaan. Nasi Thiwul, Talas Rebus, Ketela, Umbi-umbian dan kopi cokot khas Ngrayun. Sebelum minum gigit dulu gula jagungnya.

Setelahnya langsung menuju Air Terjun Selur dengan jarak 3KM. Air terjun ini cukup besar.

Saran untuk wisata Ngrayun.

Setelah saya megupload video dibawah ini, banyak sekali yang bertanya tentang, “Apakah di sana disediakan persewaan sepeda?”

Jadi untuk pengelola wisata di sana, saran saya sebaiknya fokus pada wisata bersepeda, dengan menyediakan persewaan sepeda onthel.

Jangan mikir soal infrastruktur yang gak penting seperti gerbang selamat datang tiap kampung. Cukup sediakan rambu-rambu dan rute ke arah tempat wisata saja.

Baca Juga:   Vitalac: Produk bagus tapi Iklanya Bodoh, Gak laku dehh

Misal di kawasan air terjun selur. Paksa saja wisatawan untuk parkir di area SMAN 1 Ngrayun. Dan untuk ke lokasi air terjun harus bersepeda onthel. Biaya sewa, parkir dan tiket masuk dijadikan satu.

Tentu bisa jadi pengalaman tersendiri bagi wisatawan dan menjadi daya tarik yang punya nilai “beda” dari tempat wisata lain.

Dan yang penting, untuk hidangan makanan dan minuman, jangan sediakan yang instan seperti mie atau pop mie, atau minuman botolan karena biasanya bekas kemasan akan dibuang sembarangan.

Oke demikian dulu mas bro, masih ada spot menarik lain di Ngrayun seperti Jurang Gandul yang banyak dihuni ikan sidat raksasa yang jinak. Lain waktu kita ke sana…

Salam sukses senang sehat selalu.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan