AHM Luncurkan Honda CB150R Verza, Harga Terjangkau Dengan Desain Aduhai

Foto: roda2makasar.com

PT Astra Honda Motor akhirnya meluncurkan varian terbaru Honda Verza dengan nama Honda CB150 Verza. Di model terbaru ini, Verza mendapatkan nama tambahan CB150, jujur kesanya agak gimana gitu, kok mirip dengan CB150 R Streetfire yaa tapi mesinya beda banget.

CB150 Verza memakai mesin SOHC dengan 2 Klep, mesin yang persis dengan CRF150L
Sedangkan CB150 R Streetfire menggunakan mesin DOHC 4 Klep.

Ada banyak perubahan di Verza generasi kedua ini, mulai dari desain, lampu headlamp sampai soal speedometer.

“Ubahan ada pada speedometer. Tadinya langsung dari ban depan, tapi kali ini langsung dari engine,” kata Masaru Miyasitha selaku Large Project Leader All New Honda CB150 Verza dari Honda R&D Southeast Asia di Kemayoran, Selasa (20/2/2018).

Yang unik soal tutup tanki gan, desainya mirip banget dengan punyanya Honda CRF150L dan sama-sama terbuat dari material plastik

Selain itu, Honda juga melakukan ubahan dari fuel injection-nya untuk menyesuaikan dengan konsep yang lebih tangguh.

“Ada perubahan setting di fuel injection (all new Honda CB150 Verza ) sehingga didapat untuk putaran bawah dan akselerasi lebih baik dari model sebelumnya,” ujar Miyasitha.

Mesinnya bertenaga, responsif, ramah lingkungan serta menghasilkan konsumsi bahan bakar yaitu 46,3 km/liter (EURO2) dan 43,5 km/liter (EURO3).

All New Honda CB150 Verza diklaim memiliki akselerasi 0-200 m dengan waktu 11,41 detik berdasarkan hasil tes perusahaan.

Baca Juga:   Yamaha Byson FI 2014, Tambah gagah dan tetap cakep kok

Soal desain, motor ini sepertinya mengadopsi dari tren Motor Herex di Jawa Timuran. Diantara model lampu bulat dengan front fork yang agak panjang.

Ubahan lain ada pada lampu belakang dengan smoke, cover knalpot baru dan shroud yang kekar.

Dengan sekarang pakai mesin berkode CB, apakah nantinya bakal bisa menggusur mesin legendaris GL,  GL160 dan GL200 yang sekarang lagi diminati anak muda untuk modifikasi mesin herex dan balapan drag 201 meter? … entahlah

Soal lampu bulat lagi nih, lampu model ini pernah punah diterjang oleh trend model yang dibawa oleh Bajaj Pulsar, lalu diikuti oleh Yamaha Vixion dan Honda terakhir kali menggunakan lampu model ini di motor Megapro 160.

Namun memang harus diakuin, aura lampu bulat lebih gagah untuk motor Streetfighter.

Untuk suspensi, Verza tetap memakai suspensi belakang stereo kanan kiri. Mungkin agar Verza juga kuat untuk dijadikan motor niaga. Daripada beli Verza lalu dimodifikasi jadi monoshock, lebih baik beli New Megapro FI aja gan, udah monoshock dengan mesin yang sama. Namun kabarnya, New Megapro FI juga akan disuntik mati dengan kehadiran Verza CB150 ini.

Harga,
All new Honda CB150 Verza tersedia dengan dua tipe yakni Cast Wheel dan Spoke Wheel. Tipe Cast Wheel hadir dengan pilihan warna Masculine Black, Bold Red dan Macho Silver. Sementara untuk tipe Spoke Wheel hadir dengan warna Masculine Black. Model ini dipasarkan Rp19.950.000 on the road untuk tipe Cast Wheel dan harga Rp19.300.000 untuk Spoke Wheel.

Baca Juga:   AHM OIL SPX-1: Old brand, new face!

Aksesoris resmi juga ada gan,
Meski untuk banyak kalangan, namun Verza CB ini juga bisa tampil keren dengan berbagai aksesoris. Ada 4 item Honda Genuine Accesories (HGA) seperti Wheel List Sticker, Tank Pad, Visor, dan Crank Case Cover. Harganya dimulai dari Rp 56 ribu hingga Rp150 ribu. Ada juga jaket keren seharga 300ribu.

Berikut ini foto pilihan warna warni Honda CB150 Verza ini

Kesimpulanya:
Meski sekarang memakai nama CB150, Honda tetap mempertahankan konsep Verza sebelumnya, sebagai sepeda motor kelas sport yang juga mendukung untuk aktifitas niaga. Seperti untuk jualan sayur, cilok, penthol, obrok dan lain-lain. Tapi … Honda memberikan sentuhan desain yang lebih cakep lagi.

Motor ini sendiri seperti kanvas, yang bakal enak buat dimofikasi, terutama yang arahnya ke desain Scrambler atau Cafe Racer. Terutama dengan tampilan lampu bulat di depan, yang mengingatkan kita pada desain Honda Tiger yang legendaris.

 

 

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan