Wisata Keren Bendung DAM Jati Magetan

Bendung DAM Jati ini adalah sistem irigasi yang dibangun pada tahun 1980-an, di era Presiden Soeharto. Pada zaman itu, saya masih kecil, DAM yang membendung Bengawan Madiun ini sangat megah.

Dulu di bagian tengah saluran irigasi, yang terdiri dari 4 aliran kanal. Ada semacam alat pembersih ranting mekanis seperti robot. Tontonan heboh bagi anak desa seperti saya di hari minggu. Melihat elevator sebesar itu bergerak membersihkan kanal.

Pintu-pintu airnya juga menggunakan sistem hidrolis memanfaatkan tekanan air.

Zaman dulu, di masa jayanya. Bendungan ini menjadi arena favorit nongkrong anak muda. Mulai dari mancing, berenang sampai janjian sama mantan … eh gebetan.

Pemandangan sore dari puncak bukit di utara, syahdu banget broo

Saat krisis moneter mulai menerjang tahun 1997-an. Bendungan ini mulai mangkrak. Alat-alatnya yang canggih mulai tak berfungsi. Pintu-pintu air juga berubah manual … diengkol tangan. Bangunan-bangunan besar yang dulu berisi kendaraan operasional seperti truk dan beckhoe juga mangkrak.

Baca Juga:   Front Line People Astra Motor Yogyakarta Sabet Gelar Juara Nasional

Mulai Januari 2018, pemerintah desa Gorang Gareng atas izin Balai Besar Sungai Bengawan Solo, diizinkan mengelola tempat ini jadi tempat wisata keren.

Dicat warna warni, lalu hutan jati juga diubah jadi taman bermain.  Berikut ini peta rute ke lokasinya

Rute 1: Dari arah Ponorogo-Madiun, belok ke arah Gorang-Gorang di Pos Polisi Uteran/SMAN1 Geger, sampai jembatan besar Ngujur terus belok kiri ke selatan. Rute 2: dari Gorang-Gareng ke arah Kebonsari sampai jembatan besar terus belok kanan.

 

Yang saya tunggu adalah salah satu kanal, bisa digunakan jadi ajang memancing di hari minggu dengan sistem taburan.

Nah buat yang punya kenangan dengan mantan di tempat ini, ini yang perlu diwaspadai … dari nostalgia bisa jadi nostalgila nanti hehehe.

Video vlog gan

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan