Adu Nota Servis Honda Vario vs Yamaha XRide, 2 Juta Rupiah Broo

Saat ini ada semacam mitos di masyarakat kalau motor bermerek Suzuki itu biaya perawatanya mahal, spare part mahal dan lain-lain.

Nah dua hari ini, mimin nemuin dua nota servis bengkel Honda Vario 125 dan Yamaha XRide. Keduanya habis biaya servis 2 juta rupiah sob.

Sebagai pengguna motor Suzuki Hayate buatan 2011, jelas saya terkaget-kaget. Seumur-umur melihara Hayate, belum pernah saya mbongkar mesin habis segitu.

Lha ini si motor yang umunya lebih muda kok bosok yaa.
Si Honda Vario 2013 habis total biaya 1.864.000
Si Yamaha XRide lansiran 2015 habis total biaya
1.988.000

What the hell, motor baru kok biaya perawatan dan servisnya lebih mahal dari motor tua saya yaa.

Baca Juga:   Tradisi Lebaran Kupatan dan Balon Udara

Seumur-seumur belum pernah Suzuki Hayate milik saya ambrol mesinya. Apalagi sampai ganti klep atau silinder dan piston. Ini berarti teknologi SCEM-nya Suzuki emang mantebb. Sayangnya, kurang dipromoin aja.

Jajan terbesar sekama merawat Suzuki Hayate adalah Ring Piston, Roller, V-Belt dan Box Filter Udara.

Biaya terbanyak yang pernah saya keluarin buat ngrawat si Hayate ini cuma 390rb sekali servis. Itu terjadi pas ganti Roller dan Ring Piston dalam satu kali servis, dan baru sekali itu ngluarin banyak biaya.

Ya gimana ya broo, ngrawat motor sejak era injeksi datang justru lebih mahal dibanding motor karbu. Contoh nota di atas, mossok cek injektor aja kena biaya 45ribu. Padahal bongkar karbu aja cuma kena biaya 25 ribu.

Baca Juga:   Brigadir Teguh Riyanto, Dalang Sambil Mengimbau Tertib Lalu Lintas

Jadi gimana nih, masih percaya merawat motor Suzuki lebih mahal? kalau berdasarkan pengalaman saya pribadi, ya enggak lah yaa.

roda2blog di sosial media

5 Komentar

  1. x ride nya Kilometernya uda 43.000 gitu sudah tidak termasuk motor baru mas. kondisi motornya juga kayanya modifan mesin. semua jeroan mesin ganti semua sampe termasuk bensin… saya pake motor buat harian, touring, jalan2 juga cuma 25rb an kilometernya… pakai 3 tahun

    Varionya sih rusak standart. cuma owner kayanya orang males service deh. masa hampir semua kerusakan rusak bareng.. biasanya rusak di vario seperti list nota nya termasuk rusak standart tapi ga bebarengan semua gitu. soal harganya.. emang uda dari jaman dahulu, service vario itu mahal. siapa bilang murah. Supra X noh murah

Tinggalkan Balasan