Mitsubishi Colt T120SS Disuntik Mati Tahun Ini

Mobil pick up legendaris, Mitsubishi Colt T120Ss, akan segera disuntik mati. PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) selaku produsenya telah mengakui bahwa produksi terakhir mobil legendaris ini adalah bulan Januari 2019.

Alasan suntik mati mobil angkut populer ini adalah kebijakan Euro IV gas buang. Colt T120SS telah diproduksi sejak 1997 di pabrik Pulo Gadung. Total telah diproduksi 324.960 unit.

Mobil ini sendiri adalah join produksi dengan Suzuki Carry. Beberapa spare part diproduksi bersama. Termasuk menggunakan komponen mesin 4G15 12 valve 4 silinder 1.468 cc.

Tahun lalu, pihak Suzuki mengakui bahwa mesin G15 yang digunakan pada Carry masih mengacu pada Euro II. Mereka memiliki kendala dari investasi juga waktu untuk pengembangan mesin ke Euro IV yang diberi tenggat waktu pengaplikasian pada seluruh produk mulai April 2019 mendatang.

Baca Juga:   Ngeri, Ada Ular Python Bersembunyi Di Dalam Kap Mesin Mobil

Sebelumnya peraturan emisi Euro IV sudah diterapkan pada Oktober 2018. Ini sesuai dengan Peraturan Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Beberapa produsen ketika itu sempat mengajukan perpanjangan memakai mesin yang ada hingga Maret 2019, salah satunya mesin yang digunakan pada Suzuki Carry dan Mitsubishi Colt TS120SS ini.

Suzuki sendiri sudah punya pengganti, yaitu APV Pick Up yg cukup laris di pasaran. Mitsubisi sendiri juga merebranding APV menjadi Maven, namun sepertinya kurang laris.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

  1. Mereka memiliki kendala dari investasi juga waktu untuk pengembangan mesin ke Euro IV yang diberi tenggat waktu pengaplikasian pada seluruh produk mulai April 2019 mendatang.
    skalian ganti anu ini

Tinggalkan Balasan