Mahalnya Pajak Motor dan Mobil di Jawa Timur

Provinsi Jawa Timur terkenal dengan pajak kendaraan bermotor paling mahal di pulau Jawa. Kali ini mimin coba ngasih bukti perbandingan pajak mobil Hyundai Atozz.

Jenis mobilnya sama cuma beda daerahnya. Hyundai Atozz Plat AD Boyolali, Jawa Tengah melawan Atozz Plat AE Ponorogo, Jawa Timur.

Untuk Hyundai Atoz Plat AE tahun 2001.
Pajak Kendaraan Bermotor/PKB 1.173.400 ditambah SWDKLJ 49.700.
Total yang harus dibayar tiap tahunya 1.223.10

Mahal sekali jika dibandingkan dengan Hyundai Atozz Plat AD Boyolali tahun 2002.

Pajak PKB 724.500 ditambah swdkllj 143.000 totalnya hanya 867.500.

Jadi untuk Hyundai Atozz, pajak di Jawa Timur lebih mahal dari di Jawa Tengah. Ada selisih 355.600.

Baca Juga:   Nikmatnya Transportasi Publik

Padahal sama-sama di pulau Jawa, tapi selisihnya banyak banget. Ada yang tahu kenapa? dan untuk apa?

roda2blog di sosial media

2 Komentar

  1. Pajak kendaraan bermotor itu masuk pajak daerah provinsi yang ditetapkan oleh Perda. Nah perda ditetapkan oleh pemda dan DPRD. Yg membedakan tentu kondisi infra struktur lalu lintas masing-masing daerah dan isi kepala pemda dan anggota DPRD.

  2. sebenarnya pajak motor itu mahal tidak nya tergantung dengan NJKB (nilai jual kendaraan bermotornya), kalau misalkan dulu beli motornya mahal ya otomatis pajaknya juga mahal.

    Besaran pajak motor itu 2% dari NJKB untuk motor pertama, 2,5% untuk motor kedua, 3% untuk motor ketiga, 3,5% untuk motor ke empat, 4% untuk motor ke lima, ini disebut pajak progresif.

    misalkan ada si A yang baru pertama kali punya motor di KK nya yaitu motor Megapro, maka pajaknya hanya 2% kalau motor megapro harganya 25 juta, maka pajaknya hanya 600 ribuan.
    Jika ada si B sudah punya motor 3, dan sekarang beli megapro yang sama dengan si A, maka pajaknya 2 kali lipat si A, yaitu 1,2 juta, karena dia kena pajak progresif.

Tinggalkan Balasan