Fenomena Salju di Dieng, Solar Membeku Mobil Diesel Banyak Yang Mogok

Kawasan wisata Dieng mulai membeku dengan adanya salju yang mulai ada menyelimuti
kawasan wisata tersebut.

Warga sekitar menyebutnya sebagai bun upas atau embun racun, karena membekukan lahan-lahan pertanian sampai gagal panen.

Hamparan rerumputan hijau berubah memutih layaknya salju di negeri empat musim. Air dalam pipa macet karena suhu turun di bawah 0 derajat celcius.

Fenomena alam ini selalu terjadi pada musim kemarau,dan selalu menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang datang ke tempat tersebut.

Namun bagi wisatawan dengan mesin disel berbahan bakar solar terutama solar biasa, harus hati-hati.

Mobil-mobil para wisatawan yang datang ke komplek Candi Arjuna, Banjarnegara, Jawa Tengah mengalami macet masal khususnya kendaraan bermesin diesel, beberapa hari ini.

Baca Juga:   Harga Makanan di Jakarta Mahal? Siapa Bilang Coyy!!!

Hal tersebut terjadi akibat dari solar yang menjadi bahan bakar dari mobil tersebut membeku akibat ekstrimnya suhu dataran tinggi Dieng pada saat itu yang bahkan mencapai minus 2 derajat celcius.

Fortuna Dyah Setyowati, warga Desa Dieng Kulon, Batur, Banjarnegara, mengungkapkan fenomena yang terjadi beberapa hari ini memang tidak biasa. Ia menjelaskan embun es yang terjadi berbeda dari sebelumnya.

“Lebih tebal ya dibandingkan yang kemarin dan hari Senin. Areanya juga lebih luas,” jelas Fortuna.

Ternyata, suhu di bawah titik beku itu bukan hanya membuat air membeku. Bahan bakar minyak (BBM), solar yang tersembunyi dalam tangki mobil pun bisa ikut membeku jika diparkir di area yang diselimuti es.

Baca Juga:   Antara Jogjakarta Dan Surabaya, Jarak Makin Dekat Tapi Beda Pemerintahnya

Bagi wisatawan luar kota yang baru sekali menjumpai fenomena itu. Jelas mereka akan merasa panik dan bingung akan kejadian yang baru kali ini mereka rasakan.

Tak hanya wisatawan yang berada di komplek Candi Arjuna, pengalaman serupa dialami sejumlah wisatawan yang menginap di homestay kawasan Dieng.

Fortuna yang juga pemilik homestay Green Savannah ini mengatakan, beberapa kendaraan tamunya mogok karena solar membeku.

“Agak beku, jadi gak bisa mengalir (solarnya),” paparnya.

Sebagian artikel dikutip dari otomania.com

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan