Dari Jogja Mau Ke Karimun Jawa Backpackeran, Begini Caranya

Siapa sih yang gak mau liburan ke Jogja. Daerah Istimewa itu memang ngangenin. Bagi yang berkali-kali ke sana pasti sudah hafal bener tujuan berbagai destinasi wisata di kota Pelajar itu. Solusinya untuk bisa melanjutkan adventure ke kota-kota di sekitaran Jogja adalah menggunakan layanan Shutle Bus Daytrans, Cek info tiket Daytrans dan pemesananya sekarang sudah bisa lewat aplikasi Traveloka.

Jogja emang asyik, tapi yang sering liburan ke Jogja tentunya juga paham, bahwa ada juga tempat-tempat yang menarik dikunjungi yang ternyata lokasinya agak jauh dan bukan di wilayah Daerah Istimewa Jogja. Contohnya, Candi Borobudur yang masuk wilayah Magelang, Umbul Ponggok yang masuk wilayah Klaten, aneka air terjun yg indah di wilayah Purworejo yang pantang dilewatkan.

Salah satu layanan transportasi umum dari dan ke Jogj adalah Daytrans, mimin bisa pergi ke Semarang dari Jogja dengan cepat. Daripada pakai bis biasa yang biasanya akan kena macet di jalan antara Magelang-Ambarawa. Dengan armada shutle DayTrans, bisa lebih cepat karena rutenya lewat Muntilan, Ketep pass terus Kopeng. Selama perjalanan, dijamin indah pemandanganya.

Armada milik DayTrans ini juga keren-keren sob. Ada Toyota HIACE yang sekarang udah jadi trend standard di dunia shuttle bus. Bagi yang ngefans sama elf long juga ada, dont worry mas bro.

Dari Jogja yang mau ke Karimun Jawa, Day Trans juga bisa jadi pilihan. Dari Jogja ada rute langsung ke Jepara setiap hari, pagi jam 08.00 WIB dan sore jam 16.00 WIB. Jadi jangan takut ketinggalan kapal penyebrangan ke Pulau Karimun Jawa, tinggal tentukan sendiri kapan mau nyampe Jepara. Selain lebih hemat, kamu pun juga bisa memilih sendiri akomodasi selama di Karimun Jawa biar lebih cocok sesuai isi kantong.

Baca Juga:   Pentingnya Tidur Selonjor Saat Piknik Traveling

Dari Jepara ke Karimun Jawa.

Di Jepara turun di kantor Day Trans, dari sana ke Pelabuhan Kartini naik angkutan lagi dengan harga tiket sekitar 10.000/orang . Setelah kita sampai di Pelabuhan Kartini, saatnya para wisatawan untuk membeli tiket kapal laut dengan keberangkatan ke Karimunjawa dari Jepara. Terdapat beberapa kapal laut dengan fasilitas dan biaya yang berbeda. Seperti Kapal Siginjai dengan tarif tiket Rp. 60.000, Kapal Express Baharai 9c dengan tarif tiket Rp. 175.000 yang merpakan kapal VIP Class, Kapal Laut Kartini 1 eksekutif Rp.80.000 dan untuk kelas bisnis Rp. 80.000.

Berikut ini jadwal perjalanan kapal laut dari Jepara ke Karimun Jawa:

Yang perlu jadi perhatian, di hari kamis Kapal Speedboat Bahari Express libur. Jarak tempuh untuk fasboad Bahari Express 2 jam saja. Sedangkan kapal biasa mencapai 4,5 jam sampai 5 jam.

Akomodasi di Karimun Jawa.

Walau berangkat sendirian tanpa agen travel, dont worry mas bro. Di sana nanti sudah banyak terdapat villa atau lainnya. Kalau kere hore seperti saya, cukup izin menggelar tenda di depan masjid juga sudah oke. Namun bisa juga nginep di rumah warga, banyak penduduk karimun jawa yang menjadikan rumahnya menjadi tempat penginapan. Cukup Rp. 100.000 kita sudah mendapatkan tempat penginapan untuk beberapa hari berwisata disana.

Piye, enak to. Untuk makanan juga termasuk murah kok. Dengan harga 20-30ribuan juga sudah bisa kenyang berdua, iya sepiring berdua aja. Kan itung-itung liburan sambil diet. Hati senang, badan juga ideal.

Baca Juga:   Kereta Api Sekarang Pakai Sistem Check In dan Boarding, Mantabb

Obyek Wisata di Karimun Jawa.

Ada banyak tempat wisata di pulau ini, yang pastinya mayoritas adalah soal pantai. Pantai di karimun jawa ini mayoritas pasirnya putih dengan ombak yang tenang. Tapi yang paling penting, jangan sampai lupa, bahwa atraksi utama di pantai ini adalah snorkeling.

Ada banyak pantai da obyek wisata, jangan sampai salah pilih. Buat apa jauh-jauh ke Karimun Jawa klo cuma selfie di atas bukit. Ini rekomendasi destinasi versi mimin:

1. Pantai Ujung Batu Lawang
Sesuai namanya, pota poto di pantai ini bisa dikasih tag lokasi dengan Pantai di Batam. Sangat mirip dengan pesona pasir putih dan batu-batu besarnya. Tapi ingat, lokasi pantai paling jauh di ujung utara pulau.

2. Pantai Pulau Gosong
Pantai yang satu ini memiliki keunikan yang sangat kerena terdapat endapan pasir di tengah lautan. Pulau ini dijuluki dengan pulau timbul tenggelam karena hanya akan muncul kepermukaan ketika pukul 09.00 WIB hingga 17.00 WIB sore. Selebihnya pulau ini akan tertutup.

3. Pulau Menjangan besar.
Inilah pusat penangkaran hiu, selain air yang jernih dan pantai yang indah, di sini wisatawan juga bisa berenang bareng ikan hiu. Keren to, di mana lagi bisa kayak gini.

Cukup tiga itu aja yang paling wajib menurut mimin, lainya terserah anda. Oh ya klo malam dan ingin bersantai, bisa ke alun-alun, di sana hidangan seafoodnya komplit dan fresh. Dijamin uenakk.

Dan jangan lupa untuk snorkling selama di Karimun Jawa.

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Backpacker Dari Jogja Ke Borobudur - Tour and Travel Jogja

Tinggalkan Balasan