Motor Listrik Bakal Diwajibkan Pakai Suara

Salah satu ciri khas dari kendaraan bermotor tenaga listrik adalah sunyi senyap hampir tanpa siara, baik motor maupun mobil. Nah karena kesunyianya ini, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) bakal mengatur agar kendaraan listrik saat berjalan bisa mengeluarkan suara alasanya demi keselamatan.

Saat ini dirjen Perhubungan Darat Kemenhub Budi Setyadi sudah menyiapkan Peraturan Menteri Perhubungan (Permenhub) untuk pengujian kendaraan listrik.

“Kalau tidak ada suara kan bahaya kan. Jadi artinya memang lagi kita atur mobil listrik juga harus ada suara misalnya mungkin suara apa, kita mau breakdown lagi suaranya seperti apa,” katanya seperti dilansir detikFinance, Jakarta, Jumat (9/8/2019).

Sumber: IG melotronic.

Berdasarkan draft aturan tersebut, yang diberikan oleh Budi, suara kendaraan listrik diatur dalam Pasal 36, mencakup sepeda motor (L), mobil penumpang dan bus (M), serta mobil barang (N dan O).

Baca Juga:   Smartfren Jadi Standar Value Smartphone 4G

Suara yang ditimbulkan oleh kendaraan bermotor listrik tidak boleh menyerupai jenis suara hewan, sirene, klakson dan musik. Alasannya agar pengguna jalan bisa membedakan suara dari sumber lain dan suara mobil.

Pihaknya pun akan menggelar pertemuan dengan agen pemegang merek (APM) kendaraan bermotor. Mereka harus membahas lebih lanjut bagaimana mekanisme menciptakan suara pada kendaraan listrik.

Sumber: detikfinance,com

roda2blog di sosial media

2 Komentar

Tinggalkan Balasan