Balas Dendam Pada Maling Motornya, Sahroni Dapat Penghargaan Dari Polisi

Syahroni pernah kehilangan motor Yamaha Jupiter pada 2013. ”Padahal, motor itu baru lunas. Kan saya kredit,” kenang Syahroni soal kehilangan itu. Kejadian tersebut bikin Syahroni mangkel tenan sama maling. Dia pun membuat laporan kehilangan ke Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak.

Dari sana, Syahroni diberi kontak seorang penyidik. Disebutkan, jika ada petunjuk atau pelaku tertangkap, dia bakal dikabari. Dari laporan itu juga, Syahroni mengenal sejumlah polisi. Dari bincang-bincang santai dengan mereka, Syahroni punya ide untuk menangkap maling-maling yang kerap beraksi di kampungnya. Dia merancang ide balas dendam.

Salah satu caranya memancing pelaku curanmor. Harapannya, yang terjebak adalah maling yang juga mengambil motornya Cara yang digunakan Syahroni adalah dengan menaruh motor milik tetangga di halaman rumah. Motor umpan itu hanya diisi sedikit bahan bakar. Tujuannya, agar saat dibawa pelaku, motor tersebut tidak bisa berjalan jauh.

Hampir semalaman Syahroni nyanggong pelaku waktu itu. Hasilnya, sekitar pukul 03.00 dini hari, ”umpan” Syahroni bergerak. Ada yang mengambil motor pancingannya. Syahroni lalu membuntutinya. ”Pelaku curanmor memang biasa beraksi di jam-jam seperti itu. Menjelang pagi,” bebernya.

Perkiraan Syahroni tepat. Motor pancingan yang dibawa kabur pelaku tadi tidak bisa berjalan jauh. Mogok. Hanya berjarak beberapa meter, motor tersebut mati. Syahroni yang bersiap sejak tadi langsung menyergap pelaku. Dia menghubungi polisi kenalannya di Mapolres Pelabuhan Tanjung Perak. Satu pelaku diamankan.

Setelah diselidiki, pelaku yang ditangkap adalah orang yang sama dengan yang mengambil motor Syahroni. Hal itu memudahkan polisi melakukan penyelidikan dan pengembangan. Motor Syahroni akhirnya ketemu.

Atas aksinya, Kapolres Pelabuhan Tanjung Perak, AKBP Antonius Agus Rahmanto, S.I.K, Msi memberinya penghargaan. Pemberian penghargaan tersebut disaksikan puluhan warga setempat di depan Balai RW, Selasa malam, 27 Agustus 2019.

“Semoga penghargaan ini bisa menginspirasi warga lainnya, untuk lebih perduli terhadap keamanan lingkungan seperti yang dilakukan oleh Bapak Syahroni,” ujar Kapolres yang saat itu didampingi Kabag Sumda AKBP Wahyu Sunaryo bersama Kapolsek Pabean Cantikan, AKP Mellysa Amalia.

Sumber : Jawapos, kabarjatim.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan