5 Tempat Wisata Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan Di Kota Solo

Kota Solo adalah jantung budaya jawa bersama Jogja. Selain pesona budaya tentunya juga ada pesona alam dan bangunan monumental yang wajib dikunjungi jika berlibur di kota ini.

Namun yang harus sobat ketahui, lokasi-lokasi tempat wisatanya enggak hanya di Kota Solo tapi banyak juga yang berada di luar daerah administratif kota Solo. Harap maklum, karena nama “Solo” juga diklaim sama warga luar daerah seperti Boyolali, Klaten, Sukoharjo, Karanganyar sampai Wonogiri.

Makanya sobat perlu rental mobil di Solo agar bisa puas menjelajahi destinasi wisata mumpung lagi liburan di kota ini. Berikut ini destinasi wisata yang wajib dilihat kalau lagi di Solo.

1. Keraton Kasunanan Surakarta
Solo dan Joga sama-sama mewarisi trah mataram dengan adanya dua keraton di kota tersebut. Bedanya, kalau di Jogja rajanya bergelar Sultan sedangkan di Solo rajanya bergelar Sunan.

Dalam keyakinan Jawa, gelar Sunan lebih tinggi derajatnya dibandingkan gelar Sultan. Hal tersebut menjadi syarat dalam perjanjian Giyanti tahun 1875 yang membagi mataram jadi dua. Raja Mataram saat itu setuju kerajaan dibagi dua (Solo dan Jogja) tapi dengan syarat hanya raja di Solo yang boleh bergelar Sunan sedangkan raja di Jogja memakai gelar Sultan.

Komplek Keraton Solo sendiri sebenarnya lebih besar dan lebih megah dibandingkan keraton Jogja. Hanya saja, hanya sebagian kecil yang dibuka untuk wisatawan. Namun sobat bisa menjelajahi lorong-lorong jalanan di sekitar keraton dengan bentengnya yang tinggi dan besar sudah terasa aura kebesaran keraton ini di masa jayanya dulu.

Baca Juga:   Dari Jakarta ke Cibinong sekarang ada Bus Bandara Damri dan APTB

 

2. Wisata Belanja Busana, Pasar Klewer, BTC dan PGS.
Kota Solo adalah pusat industri tekstil dan batik di Indonesia. Maka mumpung kalian di sini, jangan lupa untuk belanja kebutuhan sandang ini. Ada tiga sentra belanja, Yaitu Pasar Klewer, Beteng Trade Center (BTC) dan Pusar Grosir Solo (PGS). Lokasi ketiganya juga masih dalam komplek Kraton, enggak jauh. Harga juga dijamin lebih murah, jadi selain buat oleh-oleh juga bisa untuk kulakan terus dijual di kampung halaman.

3. Umbul Ponggok.
Ini nih lokasi wisata yang jadi favorit banyak orang setelah viral di medsos. Umbul artinya sumber mata air. Umbul Ponggok sudah disulap menjadi kolam renang seluas lapangan sepakbola dengan atraksi utama adalah menyelam di air tawar.

Lokasinya 20KM dari Kota Solo, waktu paling baik mengunjungi tempat ini menurut saya adalah jam 7 pagi sampai 12 siang. Soalnya klo sore airnya cukup dingin, enggak bakal bisa lama-lama di dalam air, snorkling bareng ikan-ikanya yang jinak.

Selain umbul Ponggok, di kawasan sekitarnya juga banyak wisata air sejenisnya, seperti Umbul Kapilaler, Umbul Cokro, Umbul Asri, Umbul Manten, Umbul Pelem dll.

4. Candi Cetho, Candi Sukuh dan Kebun Teh Kemuning.
Tiga lokasi ini juga berada dalam satu rute perjalanan. Rugi kalau ke Solo enggak main ke sini. Letaknya di Kabupaten Karanganyar, arah timur Kota Solo, bisa ditempuh 1 jam perjalanan.

Baca Juga:   Bisnis Masjid Di Tepi Jalan Raya, Investasi Yang Sangat Menguntungkan

Candi Sukuh adalah candi berbentuk piramida peninggalan akhir era Majapahit, suasana nya kayak di Meksiko. Sedangkan Candi Cetho adalah candi tertinggi di Pulau Jawa suasanaya kayak di Bali mas bro.

Dalam perjalanan, jangan lupa untuk mampir minum teh sembari mendinginkan pikiran memandang luasnya kebun teh kemuning.

5. Pura Mangkunegaran
Selain istana keraton Surakarta, di kota Solo juga ada satu istana lagi, yaitu Pura Mangkunegaran. Pura ini dibangun setelah Perjanjian Salatiga yang mengawali pendirian daerah kadipaten Praja Mangkunegaran, perjanjian itu ditandatangani oleh Raden Mas Said, Pangeran Mangkubumi (Sultan Hamengkubuwana I/Raja Jogja), Sunan Pakubuwana III (Raja Solo), dan VOC Belanda pada tahun 1757.

Saat memasuki area istana ini, anda akan melihat halaman luas dan bangunan berarsitektur khas Eropa dengan tulisan Kavalerie-Artillerie. Begitu masuk ke bagian dalam, akan disambut oleh pendopo bergaya Eropa-Jawa lengkap dengan seperangkat dengan gamelannya, Kyai Kanyut Mesem.

Bila memungkinkan, datanglah ke tempat wisata di Solo ini pada hari Rabu, sebab gelaran gamelan rutin akan diselenggarakan di sana setiap hari Rabu.

Jika ingin merasakan makan malam bergaya para raja dan ratu, ada bisa memesan paket wisata Mangkunegaran Royal Dinner dengan menu dan suasana khas keraton jawa.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan