Pengalaman Yang Dirasakan Saat Naik Bus

Hobi travelling? Bus bisa menjadi pilihan murah meriah selain kereta. Mode transportasi darat ini memang masih cukup populer sebagai transportasi antar kota, terutama untuk berwisata. Selain karena murah, tetapi fasilitas sekarang cukup memadai. Namanya juga jalan – jalan, pasti akan ada pengalaman seru yang bisa kamu rasakan. Tentu saja, pengalaman berikut hanya bisa kamu dapatkan saat naik bus.

Rela antri beli tiket bus

Buat kamu yang jauh – jauh hari merencanakan perjalanan, pesan tiket bus akan lebih mudah dan menyenangkan. Selain itu, jangan cari kursi di samping atau belakang pak sopir dan hal ini wajib dilakukan. Sedangkan, untuk menghindari mabuk darat selama naik bus, bisa mencari kursi di bagian tengah bus.

Nah, buat kamu yang pesan travel daytrans Semarang pada menit – menit sebelum keberangkatan, siap – siap saja kamu untuk mengantri dan membeli karcis dalam bus. Berdoa saja, kamu mendapatkan tempat duduk yang nyaman. Setidaknya tidak di sebelah atau belakang pak supir.

Rasa ngeri saat supir ngerem mendadak

Bus antar kota hingga antar provinsi, terutama bus malam dikenal dengan supir yang hebat dalam segi nyaman, bahkan mengalahkan Dom Toretto dari Fast & Furious. Bus ini dikenal dengan bus tanpa rem, kecepatan tinggi bahkan saat kondisi macet hingga pandai bermanuver dan menyalip. Pastinya menaiki bus yang satu ini menjadi uji nyali tersendiri bagi kamu yang tak terbiasa.

Baca Juga:   32 Nyawa Bukti Keganasan Bus Sumber Kencono

Biasanya perjalanan bus malam akan dua sopir yang bergantian. Sopir kedua akan menggantikan tugas menyetir saat malam tiba. Jika sudah sopir kedua, maka lebih baik tidur saja dan berdoa selama perjalanan. Daripada harus melihat laju bus yang bikin kamu olahraga jantung.

Rasanya nomor telepon yang ada di belakang bus, jika ada keluhan atau membahayakan penumpang hanya sebagai pajangan saja.

Rasa tak nyaman duduk dekat toilet

Beberapa bus sekarang sudah dilengkapi dengan toilet dalam. Nah, duduk dekat toilet bukan pilihan terbaik. Bahkan sama mengerikannya dengan duduk di kursi paling depan. Pasalnya, selain karena guncangan yang begitu terasa, kamu akan mencium aroma tidak sedap saat duduk di bagian tersebut. Hal tersebut akan sangat terasa kalau banyak orang yang keluar masuk kamar mandi.

Kalau duduk di depan akan semakin bikin mual dan pusing, saat ada yang membawa minyak angin atau freshcare. Terutama kamu yang tidak tahan akan bau – bau yang tajam. Sedangkan duduk di belakang, semerbak harum toilet akan menusuk hidung. Siap – siap saja terus tutup hidung kamu, terlebih saat pintu toilet tidak di tutup dengan rapat. Pasti perjalanan akan sangat terganggu.

Penjaja makanan yang menghampiri saat berhenti di terminal atau SPBU

Tiap kali sopir bus memberhentikan kendaraannya, di terminal atau pool bus, maka kamu akan menjumpai beragam pedagang yang menjajakan jualannya kepada kamu. Mulai dari kacang, tahu Sumedang, arem – arem hingga minuman ringan. Nah, kamu bisa membelinya dengan harga yang tidak jauh dengan harga di warung. Buat kamu yang lupa bawa camilan, maka bisa membeli beberapa.

Baca Juga:   Bus Robur, Bis Roti Pengganti Trem Masa Presiden Soekarno.

Bukan hanya pedangan saja, pengamen pun juga biasanya akan masuk ke dalam bus. Hal ini tentu bikin bete kalau ikut bersamaan bus berjalan. Mungkin untuk suara yang emas tak masalah, lah kalau suara serak – serak becek bikin ganggu perjalanan. Terlebih lagi kebanyakan para pengamen cenderung memaksa. Untuk cari amannya, lebih baik menyiapkan beberapa receh uang untuk diberikan.

Bete saat bus mogok

Beberapa bus memang mendapatkan perawatan yang berkala. Namun ada juga bus yang tidak mendapatkan perawatan dengan baik. Maka tak heran, kalau saat naik bus bisa mogok di tengah jalan. Hal ini tentu menjadi pengalaman yang tak menyenangkan. Kalau untuk beberapa menit tak masalah, namun ada beberapa mogok hingga berjam – jam. Kamu hanya menunggu dan tanpa melakukan apa – apa. Lebih parah lagi kalau harus disuruh mendorong bus. Hal inilah yang menjadikan jadwal kedatangan bus tak pernah tepat waktu. Jadi cukup bersabar saja kalau mogok terjadi.

roda2blog di sosial media

2 Komentar

  1. Saya sering tuh kejadian duduk paling belakang dan ternyata pintu toiletnya rusak jadi masih ada rongganya. Entah kenapa sudah ditulis toilet tidak digunakan jika bis lagi jalan tapi tetep aja dipake.Tips aja sih mendingan pake masker jadi lebih membantu dikondisi seperti itu.

  2. Bus eksekutif zaman sekarang memang nyaman dan kedap suara. Sayangnya kebanyakan terminal ndak ramah penumpang, masih sering terdengar kabar penumpang awam atau lansia dipalak preman terminal berkedok agen bus abal-abal.

    Alangkah baiknya ada keamanan dan kenyamanan terminal seperti di bandara atau stasiun.

Tinggalkan Balasan