Dabbawala, Layanan Mirip GoFood di India Yang Sudah Ada Sejak Ratusan Tahun Lalu

Kali ini mimin mau ngajak sobat pembaca ke India, tepatnya ke kota Mumbai, pusat ekonomi di India.

Di kota ini, ada jasa antar jemput makanan yang disebut “dabbawala”. Mereka sudah ada sejak ratusan tahun yang lalu, pekerjanya pun turun temurun, dari Kakek turun ke Bapak turun ke Anak turun ke Cucu dan seterusnya.

Pelayananya pun masih manual dengan sistem berlangganan, bukan pakai aplikasi seperti GoFood atau GoSend.

Alat transportasi juga sederhana, hanya sepeda onthel roda dua.

Cara kerjanya, para Dabbawala akan mulai menjemput makanan dari rumah kastemer antara jam 10 sampai jam 11. Makanan itu dimasak oleh Sang Istri.

Setelah jam 11 mereka akan mulai mengantarkan makanan ke kantor-kantor tempat para suami bekerja. Maksimal jam 1 siang, makanan harus sudah sampai ke kantor. Istirahat makan siang natara jam 12 sampai jam 1.

Baca Juga:   Kereta Api Super Cepat Hyperloop One Lolos Uji Coba, Kecepatan 1200KM Per Jam

Setelah makan siang, mereka akan mengambil tempat makan untuk dikembalikan ke rumah masing-masing.

1 dabbawal biasanya akan membawa 30 tempat nasi ke 30 tujuan.

Berdasarkan survei, dalam satu tahun para dabbawala melayani antar jemput makan siang ini, mencapai 80juta rantang. Gila.

Dan semuanya serba manual, ada yang diantar pakai sepeda, naik kereta, pakai gerobak dorong, dipangkul … terserah apa caranya, pokoknya nyampek tujuan.

Selama hampir 127 tahun beroperasi, layanan ini telah menjadi simbiosis mutualisme yang saling menguntungkan. Istri bisa memasakkan makan siang buat suami, suami gak perlu jajan saat makan dan bagi boss, pekerja gak perlu nongkrong di warung saat makan siang yang jika ngopi bakal molor saat baliknya nanti.

Baca Juga:   Bus Robur, Bis Roti Pengganti Trem Masa Presiden Soekarno.

Sejarah dabbawal ini dimulai tahun 1890 saat Mahadeo Havaji Bacche, bankir asal Persia pengen makan siang masakan istri.

Dan sampai sekarang tetap eksis dan makin banyak jumlahnya.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan