Data Produsen Otomotif di ASEAN: Thailand Juaranya, Indonesia Nomer Dua

Walau gak punya proyek mobil nasional (mobnas) seperti Malaysia, Indonesia dan Vietnam. Thailand sukses jadi produsen otomotif terbesar di ASEAN.

Negeri Gajah Putih ini menyadari bahwa potensi mereka ada di pertanian, perternakan dan perikanan sehingga gak mau bikin mobnas-mobnas’an yg gak jelas mereknya (Indonesia) dan berakhir tragis seperti Proton (Malaysia).

Thailand pun menjelma jadi pusat Industri otomotif terbesar di ASEAN ya walaupun mereknya adalah milik negara lain.

Mengutip ASEAN Automotive Federation (AFF), mereka mencatatkan angka total produksi mencapai 1.403.153 unit sepanjang Januari-Agustus 2019. Di mana, mayoritasnya yakni 717.501 unit diserap pasar ekspor dan sisanya 685.652 unit untuk pasar domestik.

Sebagai perbandingan, Indonesia, mengacu data periode yang sama, total produksi roda empatnya mencapai 831.708 unit: 660.720 unit domestik dan 170.998 unit ekspor.

Nilai ekspor otomotif Indonesia enggak nyampai seperempat dari Thailand.

SPG di Thailand. Foto: Tribunnews

Upaya Thailand menjadi tuan rumah bagi produsen otomotif kelas dunia ini sekarang ditiru Vietnam. Salah satunya, Mitsubishi sudah konfirm akan bikin pabrik Xpander di negeri komunis itu.

Baca Juga:   Pebalap Astra Honda Racing Team Tingkat ASIA 2018

Ya begitulah cerdasnya Thailand, daripada habis duit buat bikin mobil nasional mendingan bikin produk pertanian yang terkenal seperti Ayam Bangkok, Jeruk Bangkok, Mangga Bangkok dll.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan