Hal Yang Perlu Dipertimbangkan Dalam Memilih Transportasi Liburan

Interior kereta api Argo Wilis Luxury. Foto: Instagram

Liburan akhir tahun sudah dekat sob. Inilah saatnya berkumpul bersama keluarga rekreasi bareng ke tempat wisata. Nah perlu perencanaan matang dalam memilih transportasi agar tidak jangan sampai liburan berubah jadi liburan antri kemacetan di jalan.

Ada banyak sekali pilihan transportasi yang bisa digunakan untuk liburan, dan tentu saja, masing masing dari mereka memiliki kelebihan dan kekurangannya masing – masing, baik itu transportasi darat, udara atau laut. Namun, pemilihan transportasi merupakan hal yang sangat penting karena ini menyangkut kenyamanan ketika sedang di perjalanan. Terdapat beberapa hal yang harus dipertimbangkan dalam memilih transportasi liburan yaitu:

  1. Jarak Perjalanan

Hal pertama yang harus anda perhatikan dalam memilih transportasi adalah jarak dari tempat liburan itu sendiri. Jika anda berada di pulau Jawa dan akan liburan di luar pulau, maka lebih baik jika anda memilih transportasi udara. Namun jika masih berada di pulau Jawa, maka lebih baik jika anda memilih transportasi darat seperti kereta api, bahkan saat ini, dengan adanya aplikasi travel online seperti traveloka, anda bisa booking tiket kereta di Traveloka dengan mudah dan prosesnya pun cepat.

Namun jika jaraknya jauh seperti di luar pulau, sudah dijelaskan sebelumnya, pesawat adalah pilihan terbaik karena anda tidak akan kehabisan banyak tenaga.

Kereta Api Argo Muria melintasi wilayah Pantai Jodo, Batang, Jawa Tengah.
Foto: IG amri_saputra12
  1. Kenyamanan

Faktor kedua yang harus anda perhatikan adalah kenyamanan. Bisa dibilang, transportasi udara saat ini memang memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi, karena anda tidak perlu repot membawa barang bawaan yang banyak karena bisa disimpan di kabin atau bagasi. Namun, bagi anda yang ingin melakukan perjalanan dengan santai dan jaraknya bukan di luar pulau, maka lebih baik jika anda memilih kereta api. kereta sekarang juga memiliki tingkat kenyamanan yang tinggi. Kabin atas nya luas dan dibagian bawahnya juga bisa disimpan barang. Bahkan sudah terdapat AC.

  1. Harga
Baca Juga:   Kacang Mete Bakar Khas Jatisrono Wonogiri

Hal selanjutnya yang harus diperhatikan adalah harga. Yang namanya liburan atau traveling, baik itu dekat atau jauh, masalah budget tentu saja harus dipikirkan. Menggunakan pesawat memang akan membuat perjalanan lebih cepat, namun tentu saja biayanya lebih mahal dibandingkan dengan transportasi lainnya.

Jika waktu liburan anda fleksibel, maka anda bisa memilih transportasi darat seperti bus dan kereta api, atau transportasi laut seperti kapal. Namun jika waktu liburan anda terbatas, maka lebih baik pilih pesawat. Kelola budget liburan anda dengan baik dan selektif terhadap pemilihan transportasi ketika liburan.

  1. Pengalaman

Bukan traveling namanya jika bukan bermaksud mencari pengalaman. Saat – saat perjalanan traveling adalah pengalaman terbaik yang akan anda dapatkan. Anda bisa bertemu dengan berbagai orang dan teman baru dan berbagi pengalaman.

Biasanya, anda akan mendapatkan banyak pengalaman jika melakukan traveling dengan menggunakan transportasi darat, seperti bus dan kereta api. Itu juga jika tujuan anda bisa dikunjungi dengan transportasi ini. Orang – orang yang menggunakan pesawat biasanya memiliki tujuan ingin cepat sampai.

  1. Jumlah Orang

Dalam memilih transportasi, jumlah orang ketika liburan juga perlu untuk dipertimbangkan. Baik itu bersama keluarga atau bersama sahabat, anda harus memilih kendaraan dengan tepat sesuai dengan jumlah orang.

Baca Juga:   Wisata Keren Bendung DAM Jati Magetan

Jika ketika liburan hanya dua orang, maka kendaraan pribadi seperti motor atau mobil juga cukup, itu juga jika jarak liburannya pendek. Tapi jika tempat itu tidak bisa dijangkau dengan kendaraan itu, maka transportasi umum tentu saja harus dipertimbangkan. Jika anda berencana liburan naik Kereta Api, jangan mengandalkan tiket kereta api Go Show di saat musim liburan, karena biasanya sudah ludes dan tidak tersedia lagi walau memang harga lebih murah.

  1. Keamanan

Setiap sarana transportasi tentu saja memiliki resiko nya masing – masing. Pilih transportasi yang bisa membuat anda merasa tenang dan lega, sehingga resiko ketika perjalanan menjadi lebih ringan. Menggunakan transportasi umum dibandingkan pribadi tentu saja sangat tepat untuk dipilih. Transportasi umum sudah pasti memiliki standar keamanan yang lebih tepat.

Itulah hal – hal yang perlu anda perhatikan dalam memilih transportasi ketika sedang liburan. Banyak hal yang harus anda perhatikan dalam memilih transportasi untuk traveling. Namun, dengan berkembangnya teknologi, tentu saja segala hal menjadi lebih mudah, terdapat banyak aplikasi traveling seperti Traveloka yang bisa membantu anda ketika liburan. Terdapat banyak pilihan kendaraan yang bisa anda pilih, dan bagi anda yang suka perjalanan dengan kereta api karena lebih santai, tentu saja ada banyak pilihan tiket yang bisa anda pilih.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan