Toyota Hilux, Mobil Niaga Yang Jadi Mobil Perang

Dari perang Afganistan vs Uni Soviet di tahun 1980an sampai sekarang, Toyota Hilux sudah menjadi favorit untuk dijadikan kendaraan artileri militer dengan menggendong berbagai macam senjata, mulai dari senapan mesin sampai meriam tank.

Mobil ini dikembangkan dari Toyopet RK23 Truck yang diluncurkan pada tahun 1956 untuk memenuhi kebutuhan konsumen kendaraan komersial dengan nama Toyota Stout.

Nama Toyota Hilux mulai disematkan pada tahun 1969 sampai sekarang. Di Amerika, mobil ini dinamai Toyota Tacoma mulai tahun 1995.

Di Indonesia nama si Hilux ini kurang laris, dipasarkan dalam 2 pilihan mesin yaitu 2.0L bensin untuk single cabin dan 3.0L diesel untuk double cabin yang diimpor dari Pabrik Toyota Thailand.

Baca Juga:   Kenalpot Mobil Berair di Pagi Hari? Berikut 3 Tanda Yang Harus Diwaspadai

Hingga kini Hilux sudah memasuki generasi ke-8, dan pengembangannya berada di bawah IMV (Innovative International Purpose Vehicle) yaitu proyek yang dikembangkan Toyota untuk menghadirkan kendaraan pick-up dan multiguna

Nah sangking multigunanya, Toyota Hilux ini jadi banyak dimodifikasi jadi kendaraan artileri di medan perang. Mulai dari Arghanistan sampai perang Suriah.

Amerika Serikat (AS) sampai pernah bikin investigasi kenapa banyak Toyota Hilux jadi kendaraan perang yang dipakai oleh ISIS. Ini bukan kali pertama aja gan dalam sejarah.

Saat terjadi perang antara Negara Libya vs Chad di tahun 1987, sampai dijuluki perang Toyota.

Militer Chad dibantu Perancis menggunakan 400 unit Toyota Hilux sebagai kendaraan artileri Medan dengan menggendong senapan mesin, pelontar granat, dan peluncur roket anti-tank. Sedangkan pasukan Libya juga menggunakan Hilux. Inilah kenapa dijuluki dengan “Toyota War”.

Baca Juga:   Good Bye Mitsubishi Mirage, Tak Lagi Dijual Di Indonesia

Di era perang Suriah dan ISIS, Toyota Hilux juga tampil sangar, bahkan ada rodanya yang diganti dengan roda tank.

Pasukan Kurdi Irak menemukan mobil tank milik militan Negara Islam Irak dan Suriah (ISIS). Mobil yang aslinya adalah Toyota Hilux 4×4 buatan Jepang itu dicopot keempat bannya dan dimodifikasi dengan roda tank.

Berikut meme turunan truk Toyota yang jadi mesin perang

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan