Desa Plososari: Kampung Begal Di Pasuruan, Ada Yang Turun Temurun Jadi Begal Motor

Desa Plososari di Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan ini terkenal menjadi sarang bagi pelaku begal motor. Desa ini sudah berkali-kali digerebek oleh aparat kepolisian.

Menurut Kapolres Pasuruan AKBP Agus Sudaryanto dalam penggerebekan di bulan september 2019, beberapa warga di kampung ini memang sudah turun temurun jadi begal motor, jadi tidak semuanya.

Dalam penggerebekan terbaru oleh Tim Resmob Suropati Polres Pasuruan Kota di Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan.Aparat menemukan belasan motor yang disembunyikan dengan dikubur dalam jerami. Sayangnya, para pelaku begal enggak ada yang ketangkep.

Ini bukan kali pertama Desa Polososari, Kec. Grati digerebek Polisi.Di tahun 2019 ini saja sudah tiga kali lho. Pada 27 Februari 2019, lalu tanggal 5 September 2019 dan yang terbaru kemarin, 21 November 2019.

Berikut ini sebagian link berita penggrebekan dan kriminalitas di Desa Plososari

Riwayat kriminal kampung begal Desa Plososari, Pasuruan
Tanggal Keterangan link berita
21-Nov-2019 Penggerebekan oleh tim Polresta Pasuruan wartabromo
21-Oct-2019 Pembacokan pendukung calon kades wartabromo
5-Oct-2019 Penggerebekan oleh tim Polresta Pasuruan
Polresta Probolinggo dan Polda Jatim  jawapos.com
5-Sep-2019 Penggerebekan oleh tim Polresta Pasuruan  sindonews.com
27-Feb-2019 Penggerebekan oleh tim Polresta Pasuruan  radarbromo
19-Mei-2019 Penangkapan tiga warga Plososari oleh Polisi limamenit.id
14-Nov-2018 Penggerbekan oleh tim Polres Pasuruan kumparan.com
18-May-2017 Penangkapan dua pelaku begal  gempur.news
motor hasil kejahatan biasanya disembunyikan di bawah pohon sambil ditutupi dedaunan. Foto: Polsek Grati

Tahun Lalu, pada tahun 2018, desa ini kampung Begal itu juga sudah pernah digerebek Polisi dengan hasil, sebanyak 6 motor plus satu kerangka motor ditemukan di hutan jati di Sumbersuko, Desa Plososari, Kecamatan Grati modusnya juga sama, ditimbun dalam daun-daun pohon kering.

Baca Juga:   Kerenn, 4 Anggota TNI Ikut Lomba Hafal Al-Quran Tingkat Internasional
motor hasil kejahatan biasanya disembunyikan di bawah pohon sambil ditutupi dedaunan. Foto: Polsek Grati

Sedangkan dalam penggerebekan terbaru kemarin ini, Polisi menemukan tujuh motor dalam kondisi utuh dan lima rangka motor yang sudah dijual onderdilnya diamankan petugas. Kendaraan tersebut disembunyikan sebelum dijual kepada para penadah.

Barang bukti hasil kejahatan dari desa Plososari, Pasuruan.

“Barang bukti yang diamankan ini hasil kejahatan. Disembunyikan sebelum dijual. Biasanya dijual dalam bentuk spare part,” kata Kasat Reskrim Polres Pasuruan Kota AKP Slamet Santoso di lokasi penggerebekan, Kamis (21/11/2019) seperti dilansir detik.com

Barang bukti sepeda motor yang diamankan terdiri atas dua unit Honda CBR, empat Honda Vario, dan satu Suzuki Smash. Selain itu, ada empat rangka motor matik dan satu rangka motor Mega Pro.

Barang bukti diamankan di Mapolres.Polisi akan melakukan cek fisik untuk mengetahui identitas kendaraan dan pemiliknya. Setelah diketahui, motor tersebut akan diserahkan kepada para korban.

Baca Juga:   Pengalaman Belanja di Lazada, Pesanan Tak Dikirim Uang Tak Dikembalikan

“Kami akan cek fisik, biar nanti diketahui pemiliknya. Nanti akan kami umumkan identitas kendaraan,” pungkas Slamet.

Salah satu komplotan legendaris dari desa Plososari adalah pimpinan Buraten dengan dibantu kedua temanya. Ketiga begal tersebut Buraten bin Sumain (24), Rudianto bin Moch Sapi’I (21), dan Sodik bin Jazim (41) yang semuanya merupakan warga Desa Plososari, Kecamatan Grati, Kabupaten Pasuruan. Yang telah beraksi  sampai 40 kali dengan rincian 20 kali di Kota Pasuruan, 10 kali di Kabupaten Pasuruan dan 10 Kali di Sidoarjo. Kalau korban melawan, pelaku tak segan menghabisi nyawanya dengan melempar bom bondet.

Jika anda enggak percaya dengan banyak pelaku begal dari desa ini, silahkan aja buka google dan tulis tiga kalimat ini “Begal Plososari Pasuruan” jika ingin lebih detail silahkan tambah angka tahun di belakangnya, misalnya “Begal Plososari Pasuruan 2017” .. maka akan muncul berita-berita aksi pembegalan motor yang pelakunya dari desa Plososari Pasuruan.

Berikut video penggerebekan September 2019

Penggerebekan November 2019

Penggebekan 2018

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan