Harga Kawasaki Binter Merzy 200, Makin Tua Makin Mahal Harganya

Kawasaki Binter bisa dibilang sebagai motor nasional pertama di Indonesia dalam artian, inilah motor Jepang yang coba di-nasional-kan dengan merek rasa lokal.

Brand Kawasaki asal Jepang, rela masuk ke Indonesia dengan nama lokal Binter atau Bintang Terang. Satu-satunya brand sepeda motor yang menyematkan merek lokal. Berikut ini produk sepeda motor binter:

1. Binter Joy 80cc / bebek
2. Binter AR125
3. Binter KH100
4. Binter GTO 110
5. Binter KE125
6. Binter Merzy KZ200

Salah satu produknya yang melegenda sampai sekarang adalah Kawasaki KZ200 yang di Indonesia diberi nama Binter Merzy dijual di Indonesia mulai tahun 1980.

Selama masa produksi terdapat 1 kali perubahan model ditahun akhir dari model pendahulunya menjadi lebih sporty atau yang biasa disebut Merzy New Tank. Binter Merzy pada masanya menjadi favorit para biker untuk kreasi modifikasi menjadi bentuk motor chopper ala Harley Davidson, dan sampai sekarang masih banyak penggemarnya

Baca Juga:   Naik Bus Harapan Jaya Sekarang Bisa Bawa Motor

Penjualan si Binter ini sebenarnya cukup bagus di awal, namun seiring berjalan tahun, keluhan utama adalah susahnya spare part fast moving. Lalu penjualan mulailah turun dan puncaknya, PT. Bintang Terang Indonesia selaku pemegang merek Kawasaki di Indonesia bangkrut pada tahun 1986.

Merek Kawasaki kemudian baru masuk ke Indonesia lagi pada tahun 1996 tetapi tidak lagi menggunakan merek “Binter”.

Binter Merzy terbagi dua versi. Generasi pertama yaitu tahun 1980-1982 yang masih memakai pengapian platina. Sedangkan generasi kedua sudah memakai CDI yang diproduksi mulai dari 1983-1985.

Selain pengapian, desainnya juga berbeda sedikit. Desain Binter Merzy generasi awal lebih bulat, sedangkan generasi kedua lebih kotak.

Di sektor mesin, Kawasaki Binter Merzy melampaui jamanya saat itu. Mesinya punya dimensi ruang bakar 198cc, silinder tunggal, 4-Tak, SOHC 2-katup. Dengan bore x stroke yaitu 66 x 58 mm dengan rasio kompresi 9,0:1. Motor mampu menghasilkan 18 tk pada 8.000 rpm dan torsi 16,5 Nm pada 7.000 rpm.

Baca Juga:   Sersan Misran, Prajurit TNI yang memborong medali di Australia ASAM 2015

Di tahun 1980-an pamor motor ini juga melejit karena dipakai dalam film komedi Warkop DKI berjudul CHIPS.

Harga bekas saat ini:
Untuk motor kondisi standar tahun 1983 ke atas harganya bervariasi tergantung kondisi tapi, batasnya mulai dari Rp 22 juta sampai Rp 28 juta. Ada juga yang tembus Rp 30 juta lengkap dengan berbagai aksesori yang membuatnya lebih tampan. Ada pula Binter Merzy yang dijual dalam kondisi kustom alias modifikasi. Harganya pun bervariasi, tapi relatif di bawah yang Binter Merzy ‘orian’ dengan bukaan banderol mulai Rp 8 juta sampai Rp 25 juta.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan