Mampukah Yamaha XSR155 Bersaing Dengan Honda CB Herex

Yamaha baru saja meluncurkan motorsport klasik retro modern yaitu Yamaha WR155. Kemunculan motor ini disambut antusias penghobi motor hal tersebut ditandai dengan ramainya pemberitaan di berbagai situs motor di internet tentang motor ini.

Antusias pasar motorsport klasik di Indonesia memang cukup menggiurkan sebelum Yamaha XSR155, pabrikan lain yang sudah terjun adalah Kawasaki W175.

Di kalangan anak muda, motor klasik bukan barang kuno atau barang koleksi untuk dipajang tapi malah menjadi motor balap yang sangar dan bengis mesinya. Tolok ukurnya adalah adu balap drag race mulai dari 201, 402 sampai 1200 meter.

Tampang boleh tua, tapi soal tenaga boleh diadu sama racikan insinyur Jepang bikinan pabrik. Disinilah daya tarik motor klasik bagi anak muda … potensi tenaga bisa dikorek tanpa batas.

Baca Juga:   Monoshock Megapro Ambles?

Motor bahan yang paling banyak diburu adalah Honda seri GL, yaitu GL-Pro, MegaPro dan Tiger. Kemudian mesin akan dinaikkan bahkan sampai level 300cc. Semua komponen spare part untuk upgrade ada tersedia di pasar dan mudah didapatkan.

Mulai dari bandul CRF230 sampai bureng 300 cc juga ada. Dan semuanya plug n play. Banyak bengkel yang siap mengerjakan, enggak perlu antri birokrasi ala bengkel resmi.

Untuk model desain body, semuanya mengacu pada Honda CB100. Bahkan itu terjadi jauh sebelum film Dilan muncul. Kaum muda menyebutnya CB Herek. Tampilan ala CB Klasik tapi mesin Herek (Honda Excite Rider Extreme).

Inilah PR bagi Yamaha XSR155. Percuma motor ganteng racikan kalau tenaganya susah diadu di lintasan drag 402 sampai 1200m.

Baca Juga:   Biker Tanpa Lampu Adu Kepala Dengan Truk Parkir Ngawur

Apalagi bagi anak muda, terutama siswa SMK/SMA punya motor kok built up pabrik itu rasanya agak gimana gituuu. Kebanyakan mereka lebih senang dengan prinsip “Built Your Bike” bahwa membangun motor sesuai impian itu lebih memuaskan daripada naik motor seperti gambar di brosur.

Ini sebenarnya juga menjadi PR bagi pabrikan Honda. Kenapa penjualan motorsport turun sedangkan jumlah motor CB Klasik yang datang ke Honda Bikers Day tiap tahun naik jumlahnya dan makin banyak.

Sumber foto: IG @wele_wele_gus_andre

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan