Di Singapura Avanza Harganya Tembus 1 Milyar

Harga mobil kelas Low MPV seperti Avanza di Singapura ternyata tembus 1 Milyar Rupiah seharga Alphard di Indonesia. Wah kagak boleh di bully mobil krupuk dong, seharga mobil.mewah di Indonesia.

Mobil lain sekelas seperti Honda Mobilio juga demikian, apabila di Indonesia dijual Rp200 jutaan, di Singapura tembus Rp1,2 miliar. Untuk mobil Eropa lebih mengerikan lagi, semisal Audi A4. Jika di Eropa mobil ini bisa memiliki harga Rp460 jutaan, di Singapura harganya menjadi Rp2,6 miliar.

Apa penyebab mobil Low MPV yang diproduksi Indonesia itu bisa mahal di Songapura?
penyebab mahalnya harga mobil di Singapura adalah beban pajak yang cukup banyak.

Berikut cara Singapura menetapkan harga jual mobil yang selangit.

Baca Juga:   AL Filipina beli 2 Kapal LPD dari PT.PAL

Pertama, dilihat dulu harga pokok mobil yang disebut Open Market Value (OMV),

Kedua, Biaya ARF atau Additional Registration Fee, kalau di Indonesia Bea Balik Nama. Jumlah ARF yang harus dibayar pembeli mobil adalah dari 100 hingga 180 persen dari harga dasar mobil. Misal harga dasar 200juta maka ARF yang harus dibayar minimal 200juta.

Yang ketiga, bayar Cukai, karena mobilnya impor dari luar negeri. Jumlahnya 20 persen dari harga dasar mobil atau OMV. Misal.Xenia harga OMV 200juta setelah ditambah ARF dan Cukai akan jadi 440juta.

Yang keempat bayar pajak barang/GST atau Goods Servis Tax. Nilainya 7% dari OMV.

Berikutnya ada COE (Certificate of Entitlement). COE adalah surat izin agar mobil bisa melewati setiap ruas jalan di Singapura, dan hanya berlaku selama 10 tahun.

Baca Juga:   Toilet Terpanjang dan Tertinggi di Dunia

Lalu yang terakhir adalah margin keuntungan dealer. Adanya tambahan enam komponen biaya inilah yang bikin mobil sekelas Avanza bisa tembus harga 1 Milyar di Singapura.

Tujuan agar populasi mobil terkendali. Sebagai gantinya Pemerintah Singapura menyediakan transportasi umum untuk mengatasi kebutuhan warga dalam menjalankan aktivitas.

roda2blog di sosial media

1 Komentar

Tinggalkan Balasan