2020 Beli BBM di SPBU Tidak Bisa Bayar Tunai, Harus Pakai E-Money

PT Pertamina (Persero) segera menerapkan pembayaran nontunai atau cashless untuk transaksi pengisian BBM di seluruh SPBU di Indonesia pada tahun 2020 sebagai upaya digitalisasi SPBU.

Nantinya, setiap SPBU akan dilengkapi dengan Electronic Data Capture (EDC) agar pembayaran bisa dilakukan secara elektronik menggunakan kartu uang elektronik atau kartu debit dan kartu pembayaran lainnya.

Selain kartu, lanjut Nike, pembayaran non tunai bisa juga dilakukan melalui aplikasi dompet digital seperti LinkAja, e-payment dan bank yang bekerjasama dengan Pertamina.

“Terkait digitalisasi SPBU akan kita selesaikan pada triwulan pertama 2020. Kita juga akan mendorong cashless payment untuk seluruh transaksi di SPBU,” kata Nicke Widyawati Direktur Utama Pertamina usai kegiatan Penyerahan SK Kuota BBM Subsidi di Kantor BPH Migas Jakarta.

Baca Juga:   Perawatan Mesin Diesel, Cukup Ganti Oli dan Cek Kondisi Filter

Nicke menjelaskan pembayaran nontunai dan digitalisasi nozzle pada SPBU ini merupakan upaya Pertamina agar BBM khusus penugasan seperti premium dan BBM subsidi solar dapat disalurkan dengan tepat sasaran.

Foto: galamedianews.com

Dalam kesempatan yang sama, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) meminta agar Pertamina dapat menerapkan digitalisasi SPBU pada Juni 2020.

Selain pembayaran non-tunai, data yang terekam dalam EDC juga bisa memberi gambaran siapa konsumen yang melakukan transaksi pembelian BBM sehingga ke depannya akan lebih mudah melakukan pengawasan dan seleksi siapa saja yang bisa membeli BBM bersubsidi.

Dengan cara ini, diharapkan kuota BBM subsidi bisa lebih tepat sasaran dan tak jebol lagi seperti yang terjadi di 2019.

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Beli bensin harus pakai pulsa mana bisa membatasi pemakaian BBM bersubsidi? | Mengupas soal motor

Tinggalkan Balasan