Biaya Servis Sepeda Motor Yang Terendam Banjir

Musim hujan di awal tahun 2020 ini banyak yang terkena dampak banjir. Seperti di wilayah Jakarta, Bogor, Bekaasi dan sekitarnya.

Banyak kendaraan yang tenggelam banjir sampai terseret arut banjir bandang. Kalau untuk motor, berapa sih total biaya servis motor yang terendam banjir?

Saat motor terendam air maka ada lima komponen yang rentan terhadap banjir, mulai dari bagian pelumas, pengapian, hingga kelistrikan.

Yang paling rawan jika motor terendam air melebihi tinggi jok motor dan air masuk ke mesin melalui lubang muffle/snalpot. Mau gak mau langkah paling aman ya harus bongkar mesin.

Di bengkel resmi Honda/Yamaha/Suzuki, ongkos bongkar mesin ini 300ribuan sekarang. Kalau bengkel pinggir jalan 100-200ribuan.

Baca Juga:   Sekarang Perempuan Bisa Jadi Pimpinan di PT Kereta Api Indonesia

Jika setelah terendam motor enggak pernah dinyalain, kemungkinan spare part dalemanya aman. Cuman perlu dibersihin aja dari air.

Tapi jika pernah maksa dinyalain apalagi sampai jalan. Bisa-bisa daleman mesin susah ambyar kena “water hammer” kalau gini ya siap-siap aja ganti:
1. Stang Piston
2. Piston
3. Ring Piston
4. Silinder
Kalau di total bisa satu jutaan lebih untuk spare partnya aja.

Belum termasuk ganti oli, ganti busi. Lalu ganti filter udara, haega 20-50ribuan aja.

Kalau motornya sudah injeksi, cek ECU, jika mati, maka harus ganti ECU yang harganya kisaran 1-1,5juta. Beda kalau motor masih karbu, paling cuman dibersihin doang udah beres, pol-polnya ya cuma ganti karet skep aja.

Baca Juga:   Wow .. Spyshoot New-VEGA ZR, YAMAHA emang paling pinter bikin motor keren

Untuk benerin bagian mesin, setidaknya butuh dana 1jutaan, kalau rusak parah sampai kena water hammer ya bisa sampai 2,5jutaan.

Itu belum termasuk benerin body motor, seperti headlamp atau stoplamp.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan