Mobil Desa Buatan Klaten Diborong Konglomerat Nigeria 10.000 Unit

Setelah sukses menggawangi Mobil Esemka, Bengkel Sukiyat Klaten Jawa Tengah juga mengembangkan mobil lain yang bernama Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) atau Mobil Desa. Mobil ini diklaim sudah diborong oleh seorang pengusaha terkaya Afrika dari Nigeria bernama Aliko Dangote, gak main-main jumlahnya, total 10.000 unit mobil dipesan.

“Memang ada rencana ekspor 10.000 unit AMMDes ke Afrika. Nah tindak lanjutnya kemarin sudah ketemu sama pengusaha Nigeria dan juga sudah melakukan eksibisi di Nigeria yaitu di sana difasilitasi oleh ITPC, juga kedutaan di Nigeria,” kata Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan Putu Juli Ardika di Kementerian Perindustrian, Jakarta Selatan, Senin (6/1/2020), seperti dilansir Detik.com.

Baca Juga:   Galang Hendra Juara World SSP 300 di WSBK Spanyol

Aliko Dangote Nantinya perusahaan ini akan memasarkan mobil desa kepada konsumen di Nigeria melalui Dangote Group.

Berdasarkan penelusuran wikipedia, Aliko Dangote adalah pebisnis asal Nigeria dengan perusahaan utamanya bernama Dangote Group. Sampai November 2019 total asetnya diprkirakan mencapai $8,9 Milyar dollar.

Berarti yang beli bukan orang sembarangan nih.

Mobil desa yang akan diekspor ke Nigeria adalah mobil desa dengan fungsi penyedia air, pengolahan ketela, dan panen biji-bijian termasuk padi.

Apakah Mobil desa ini sudah dapat sertifikat laik jalan dari kementrian industri? entahlah.

Yang pasti mobil ini dulu pernah dilauncing oleh Presiden pada tahun Agustus 2018 dan katanya akan dijual resmi di pasar pada 2019. Namun sampai masuk 2020 tak ada kabar beritanya.

Baca Juga:   Evercoss A7N, Smartphone Bintang Lima

AMMdes yang akan diekspor kayaknya generasi protipe ke-3 karena prototipe pertama dan kedua setelah dilakukan studi diputuskan tidak dilanjutkan untuk diproduksi.

roda2blog di sosial media

Tinggalkan Balasan