Honda N-Box Kei Car Terlaris di Jepang

Kei Car atau Mobil Kei adalah kategori kendaraan di Jepang untuk mobil penumpang jalan raya legal terkecil. Kategori mobil kei dibuat oleh pemerintah Jepang pada tahun 1949, dan peraturannya telah direvisi beberapa kali sejak itu. Mesinya di bawah 900cc.

Saat ini Kei Car terlaris di Jepang adalah Honda N-Box produksi Honda Motor Co. Penjualan di tahun 2019 mencapai 253.000 unit, naik 4,8% dibanding tahun sebelumnya. Bagi N-Box, ini adalah penjualan tertinggi di Jepang dalam tiga tahun berturut-turut.

Data tersebut diperoleh dari Japan Automobile Dealers Association dan Japan Light Motor Vehicle and Motorcycle Association.

Urutan kedua ditempati oleh Tanto dari Daihatsu Motor Co. dengan penjualan 175.292 unit, disusul Spacia (Suzuki Motor Corp.) dengan 166.389 unit serta Dayz (Nissan Motor Co.) dengan 157.439 unit.

Baca Juga:   MOTO GP Catalunya: borringg... dah biasa kalee

Peringkat kelima baru ditempati oleh mobil nonmini yaitu Prius hybrid buatan Toyota Motor Corp. dengan penjualan 125.587 unit.

Meski laris manis di Jepang, Mobil Kei Car susah untuk dijual di Indonesia meskipun penampakanya sering hadir di acara pameran otomotif seperti GIIAS atau IMS. Ini karena karakter konsumen di Indonesia yang tidak suka mobil dengan mesin kecil. Ambil contoh duo kembar Toyota Ayla dan Daihatsu Agya yang lebih penjualanya lebih laris yang mesinya 1200cc 4 silinder dibandingkan yang 1000cc 3 silinder.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan