Kenapa Lokasi Lubang Tanki BBM Tidak Sama, Ada yang kanan ada Yang Kiri?

Posisi lubang pengisian BBM pada mobil ada yang di kanan dan ada yang di kiri, kenapa sih kok enggak dibikin sama aja? di kanan semua? biar mudah saat ngisi BBM kan bisa dekat sama dispenser SPBU dan posisinya sejajar dengan sopir.

Kalau posisi lubang pengisian BBM di kiri, sedangkan posisi sopir di kanan, mau gak mau saat isi BBM pengendara harus turun dan memutari mobil.

Posisi lubang tanki BBM ini enggak ada sangkut pautnya dengan ciri khas pabrikan, karena tiap produsen pada produknya juga ada yang beda. Misal nih, Toyota Calya yang posisi lubangnya di kiri sedangkan Toyota Avanza ada di kanan.

Baca Juga:   Hyundai Tucson Berbahan Bakar "Air" Bakal Bisa Melaju 560KM

Pertimbangan utama lokasi tutup tangki BBM ini adalah desain mobil, terutama dimana letak tangki BBM berada, di kanan atau di kiri. Nah biasanya lubang BBM akan mengikuti posisi tanki BBM tersebut. Ini untuk mengejar titik keseimbangan “center of gravity”.

Namun pada mobil dengan penggerak roda di depan yang sudah tidak pakai gardan lagi, posisi tangki BBM bisa tepat berada di tengah mobil. Penempatan lubang adalah murni inisiatif desainer, mau di kanan atau di kiri disesuaikan dengan estetika desain.

Biasanya sih tutup tangki berlawanan dengan lubang knalpot. Kalau misalnya tutup tangki di kanan, lubang knalpot pasti di sebelah kiri. Ada alasan safety karena knalpot panas, jika ada tumpahan BBM tidak nyamber ke knalpot dan sebagainya, tapi ada juga alasan desain agar penempatannya sesuai dan cocok dengan pertimbangan-pertimbangan tadi.

Baca Juga:   Airbag Honda City Meledak, Leher Driver Tergores Parah

Adapun buat sobat jika bingung posisi lubang tangki BBM yang dikendarainya, bisa melihat tanda panah pada panel speedometer di samping gambar dispenser BBM. Posisi lubang tangki mengikuti arah panah tersebut.

roda2blog di sosial media

3 Komentar

Tinggalkan Balasan