Pertamax Turbo Turun Harga, Ini Efeknya Pada Mesin Jika Maksain Penggunaanya

Ilustrasi Pertamax Turbo

Pertamax Turbo, BBM Oktan tinggi produk Pertamina saat ini harganya turun banyak dari Rp 11.200 tinggal menjadi Rp 9.900. Walhasil banyak pemilik mobil atau motor yang tertarik mencoba BBM dengan Oktan 98 ini. Hanya beda Rp 700 dari Pertamax yang Oktan 92, yang sekarang dibanderol Rp 9.200 per liter

Sebelum mencoba Pertamax Turbo ada baiknya bro sis semua perhatikan rasio kompresi kendaraan anda, karena cocok apa enggak dengan Oktan 98. Jika enggak cocok terus dipaksakan, berikut ini efek penggunaan Pertamax Turbo jika dipaksain digunakan pada mesin kendaraan yang kompresi-nya rendah.

Pertama energi yang dihasilkan tidak optimal. BBM malah boros, jadi satu liter tidak terbakar sempurna, ada yang tersisa artinya jarak tempuh yang dihasilkan juga akan berkurang secara otomatis. Karena energi yang terbakar tidak sempurna dan tidak habis.

Baca Juga:   TVS Akula 310cc Akan Dibandrol dibawah 50Juta

BBM dengan Oktan Tinggi akan lebih sulit terbakar, makanya dia butuh kompresi tinggi agar suhu mesin lebih panas supaya lebih mudah melakukan pembakaran. Sedangkan BBM Oktan lebih rendah lebih terbakar maka cocok untuk mesin dengan kompresi yang tidak terlalu tinggi.

Monggo dicocokan tabel antara kompresi mesin dengan kebutuhan BBM.

Rasio Kompresi dan Nilai Oktan RON. Pertamax Turbo RON 98 tidak ada di atas.

Efek kedua ini yang paling bahaya, bisa timbulnya flek atau kerak di ruang pembakaran. Jika terus-terusan, piston dan seher bisa ambrol minta ganti.

Mesin ngupil karena BBM tidak terbakar sempurna

Yang ketiga, jelas efeknya adalah tenaga menjadi drop. Ini pernah saya rasain sendiri, mengendarai sepeda motor trail Viar diisi Pertamax Turbo, wiss blass enggak bisa larii.

Jadi, sebaiknya pakai BBM disesuaikan dengan rasio kompresi mesin. Sebagai contoh, mobil dengan rasio kompresi mesin di atas 10:1 harusnya sudah pakai RON 92 atau setara Pertamax.

Baca Juga:   Spam merajalela ... Tapi Akismet juga terlalu sakti.

Sementara untuk yang di atas 11:1 atau 12:1 tentu harus pakai yang oktan lebih tinggi. Untuk mobil-mobil keluaran tahun 2000-an ke bawah, biasanya rasio kompresi mesin masih rendah. Sekitar 9:1 ke bawah, dan butuh BBM dengan RON 88 atau setara Premium.

Video: motor trail Viar diisi Pertamax Turbo

roda2blog di sosial media

2 Komentar

1 Trackback / Pingback

  1. Mengapa bila RON bensin naik maka AFR / campuran bensin harus dibuat lebih kaya? | Mengupas soal motor

Tinggalkan Balasan