Telat Pajak 2 Tahun, STNK Kendaraan Tidak Bisa Dihidupkan Lagi Selamanya

Pemilik kendaraan bermotor yang tidak membayar pajak tahunan dua periode berturut-turut akan langsung diblokir dan akan langsung dihapus datanya dari registrasi resmi alias otomatis jadi bodong. Ini karena tidak bayar pajak sama dengan tidak melakukan pengesahan STNK.

Pemblokiran atau penghapusan identitas dan registrasi data kendaraan ini, sebagaimana tertuang di Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009 pasal 74, tidak bisa dipulihkan atau kembali melakukan daftar ulang. Artinya, kendaraan tersebut menjadi bodong atau ilegal selamanya.

“Benar, sesuai dengan regulasi berlaku untuk kendaraan bermotor yang dihapus identitas dan registrasinya tidak bisa diregistrasi ulang lagi (pemutihan). Kendaraan menjadi bodong,” ucap Direktur Registrasi dan Identifikasi (Regident) Korlantas Polri Brigjen Pol Halim Pagarra seperti dilansir kompas.com, Selasa (14/1/2020).

Baca Juga:   Coli di atas sepeda motor, Seorang Jombliz ditangkap Polisi

Walaupun Undang-undangnya nasional, namun untuk sementara akan diberlakukan di wilayah Polda Metro Jaya dan sekitarnya dulu, baru kemudian menyusul daerah lain setelah ada sosialisasi.

Meski berlaku secara nasional, Halim menyebut kebijakan ini untuk tahap awal baru direalisakikan di daerah hukum Polda Metro Jaya dan sekitarnya, sesuai amanat UU Nomor 22/2009.

Selain yang telat bayar pajak, pemblokiran juga akan dilakukan pada mobil atau motor yang jadi korban bencana alam atau yang terlibat kecelakaan bermotor. Jika dalam kejadian tersebut, kendaraan dinilai sudah tidak layak jalan dan tidak bisa diperbaiki lagi, maka otomatis kendaraan akan dicabut legalitas STNK-nya dan data BPKB-nya dan tidak diizinkan untuk dioperasionalkan lagi.

Baca Juga:   Resiko dan Biaya Nyemplungin Motor Di Umbul Ponggok Klaten

“Ini juga berlaku untuk kendaraan yang rusak akibat bencana alam, lama tidak digunakan, dan sebagainya. Semua tindakan dilakukan usai petugas mengonfirmasi ke pemilik,” ujarnya lagi.

roda2blog di sosial media

1 Trackback / Pingback

  1. Polisi Siapkan Alat Penghancur Motor dan Mobil Yang Telat Bayar Pajak - roda2blog.com

Tinggalkan Balasan