Cara Bayar Pajak 5 Tahunan di Samsat Bojonegoro

Setiap kantor samsat bersama punya cara prosedur yang beda dalam pengurusan pajak 5 tahunan. Disebut kantor bersama Samsat karena dalam pelayananya melibatkan 4 instansi. Samsat sendiri artinya: Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap (disingkat Samsat)

Berikut ini instansi yang ada di dalam samsat:

1. Dinas pendapatan Provinsi, karena pajak motor/mobil masuk ke kas Provinsi. Jadi Pajak motor tahunan itu masuk kas Daerah Provinsi, sedangkan duit STNK, BPKB, Plat Nopol masuk ke Negara.

2. Satlantas Polisi, mereka ini yang berwenang melakukan penerbitan STNK, Nomer Polisi dan BPKB.

3. Bank Daerah yang menampung pembayaran.

4. Pemerintah Daerah Kabupaten setempat yang biasanya mungut parkir berlangganan.

Adapun untuk mengurus pajak 5 tahunan, berikut ini alurnya di Kantor Bersama Samsat Bojonegoro.

1. Pertama, begitu masuk ke area kantor samsat langsung menuju depan kantor (Cek Fisik) untuk gesek nomor mesin dan rangka, gratis tis. Juga tidak perlu ngisi blangko apapun. Setelah itu motor dipindah ke area parkir.

Baca Juga:   Honda Verza 150 pake Busi CPR9EA, semoga baik-baik saja

2. Kedua, menuju loket formulir yang berada di belakang kantor. Minta formulir lalu isi. Bagi yang membutuhkan jasa fotokopi KTP ada di sebelahnya. Biasanya butuh 2 lembar fotokopi KTP.

3. Kembalikan formulir dan kelengkapanya. Dicek, jika lengkap langsung masuk ke kantor samsat.

4. Berikan berkas formulir ke loket satu di ujung paling barat. Tunggu panggilan.

5. Panggilan pertama, anda diminta bayar. Total pembayaran terdiri dari: Pajak tahunan + Biaya STNK + Biaya Plat Nomer. Jadi untuk 5 tahunan emang lebih mahal. Apalagi kalau sampai ganti nama pemilik, maka ada tambahan biaya cetak BPKB baru. Setelah bayar duduk lagi.

6. Anda akan dipanggil di loket paling timur untuk penyerahan STNK. Sedangkan Plat Nopol tempat pengambilan loketnya di luar. Adapun yang ganti BPKB, mengambil BPKB-nya di Polres paling cepat 3 minggu.

Baca Juga:   GP Assen: Time for NFS ... Need For Spies!

7. Ambil Plat Nomer … lalu pulang.

Sedangkan yang pajak tahunan prosedurnya enteng banget. Enggak perlu fotokopi ini itu. Cukup bawa KTP Asli sesuai nama di STNK dan langsung aka bayar di Loket pembayaran. Tanpa perlu bawa BPKB.

Mudah dan cepat, itulah prosedur di Samsat Bojonegoro. Yang saya kagumi, kecepatan petugas saat gesek nomer.

Untuk yang mutasi juga cepat. Pengambilan berkas maksimal 5 menit berkas sudah di tangan. Gratiss air minum lagi selama nunggu. Cuma entah kenapa dalam proses-nya di loket Samsat masih harus nunggu 1 bulan lagi setelah bayar biaya 150ribu.

Dan berikut syarat-syarat pada layanan samsat Bojonegoro.

roda2blog di sosial media