Ini Alasan Kick Starter Pada Motor Matik Dihilangkan

Saat ini motor-motor matik terbaru sudah tidak dilengkapi dengan kick starter atau engkolan. Ternyata ada sebabnya kenapa produsen motor sekarang meniadakan kick starter. Nih jawabanya bro sis biar enggak sudzon pada pabriknya.

ada perbedaan antara kick starter untuk jenis motor sport dan bebek dengan motor matik. Menurutnya, kick starter jarang digunakan pada motor bebek atau sport tidak masalah. Karena gigi berada di dalam bak oli tidak akan macet dan mengganggu kinerja mesin. Kondisinya terus terlumasi oli.

Untuk tipe matik, gigi starter ditempatkan di ruang CVT yang penuh debu karena gesekan di CVT. Nahh debu itu bisa menempel di gigi starter. Sehingga, bisa membuat macet. Kick starter jadi keras saat dibutuhkan ketika aki tekor.

Baca Juga:   5 Masalah Sepele Yang Sering Bikin Galau Bikers

Sebagai ganti Kick Starter, produsen motor sekarang ngasih informasi tegangan aki (voltmeter) pada speedometer. Tujuanya agar pengguna tahu kondisi aki motornya dan kapan harus ganti.

Jadi, kick starter di motor matik rawan rusak jika tidak digunakan dalam jangka waktu yang lama. Makanya sekarang dikasih Voltmeter sebagai gantinya. Tujuanya untuk mencegah pemilik motor matik kaget aki-nya tiba-tiba mati.

roda2blog di sosial media