Ngakali E-Tilang Pakai Plat Nomor Palsu, Ini Ancaman Hukumanya!

Contoh foto e-tilang

Jika sebelumnya hanya terbatas pada mobil, maka mulai 1 Februari 2020 Tilang Elektronik (E-Tilang) akan diberlakukan pada sepeda motor. Banyak netizen usil yang mau mencoba ngakalin dengan plat nomor palsu untuk lolos dari kamera E-Tilang . Tapi sebaiknya jangan pernah kepikiran untuk ngelakuin.

Kamera E Tilang punya fitur canggih bernama Vehicle Arming System. Fitur itu dikhususkan bagi kendaraan-kendaraan yang dicurigai. Jadi misalkan ada yang pernah pakai nomor palsu dan terekam, maka kendaraan langsung diberi tanda.

Selanjutnya kita pakai fitur itu, kita input data pelat nomor itu, kita kirim, begitu pas lewat lagi yang asli itu ada tandanya dan palsu pasti tidak ada tandanya, yang palsu akan terdeteksi baik melalui kebiasaan rute berkendara atau bahkan melalui foto pada wajah sopir.

Baca Juga:   Efek Sering Markir Mobil di Bawah Panas Matahari
Contoh foto e-tilang dengan Vehicle Arming System

Selanjutnya pelaku akan ditangkap dan dijerat pasal 263 KUHP dengan ancaman 6 tahun penjara.

Pasal itu berbunyi
“Barang siapa membuat surat palsu atau memalsukan surat yang dapat menimbulkan sesuatu hak, perikatan atau pembebasan hutang, atau yang diperuntukkan sebagai bukti daripada sesuatu hal dengan maksud untuk memakai atau menyuruh orang lain memakai surat tersebut seolah-olah isinya benar dan tidak dipalsu, diancam, jika pemakaian tersebut dapat menimbulkan kerugian, karena pemalsuan surat, dengan pidana penjara paling lama enam tahun.”

Gimana? masih mau  nyoba pakai plat nomor palsu?

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan