Ngelihat Maps Di HP Kena Tilang, Ini Solusinya Bagi Driver Ojol

Tilang elektronik mulai dikenakan pada pengendara sepeda motor. Nah yang paling banyak kena adalah sejumlah pengendara ojek online (ojol) atau driver ojol karena bermain HP saat berkendara.

Walhasil ini menimbulkan keresahan bagi driver ojol karena kebanyakan membutuhkan panduan peta online (Google Maps) ketika melayani konsumen atau mencari alamat.

“Kan kami ojol nih, Bu, maaf nih ya, terus kalau kami lihat Google Maps atau peta di aplikasi bagaimana? Langsung terekam terus ditilang?” tanya seorang driver Ojol pada petugas Direktorat Lalu Lintas (Ditlantas) Polda Metro Jaya yang tengah memberi tahu tentang pelanggaran ETLE di Simpang Sarinah, Thamrin, Jakarta Pusat. Senin (3/2/2020).

“Nah, kalau memang kelihatan megang terus memainkan memang akan terekam, kemudian dianggap melanggar,” ucap petugas seperti dikutip dari kompas.com

Baca Juga:   Samsat Magetan, Pelayanan Mantab Gak Pakek Berbelit

pengemudi yang terlalu terpaku dan kelihatan memegang ponsel, maka akan terekam ETLE.

Nah bagaimana solusinya? solusinya adalah memakai earphone atau TWS/True Wireless Stereo earphone yang tanpa kabel.

Gunakan TWS pada salah satu telinga dan letakkan HP pada dashboard motor atau kantong jaket. Saat berkendara mencari alamat bisa dipandu melalui suara. Begitupun saat ada notifikasi masuk, baik pesan atau orderan.

Saat ini banyak harga TWS sudah lumayan terjangkau di kisaran 200rb untuk branded China. Usahakan jangan beli yang copy cat yg modelnya seperti JBL atau airdots yg walaupun lebih murah biasanya hanya bisa nyala satu.

TWS yang saya gunakan dalam turing adalah Vivan Liberty. Harganya 225rb beli online. Suaranya cukup jernih dan awet.

Baca Juga:   Honda Vario 125 ditabrak Yamaha Vixion Ban Cacing, Pengendara Xivion Luka Parah

Satu earphone jika digunakan yg kanan aja atau kiri aja bisa sampai 4 jam. Adapun cangkangnya bisa digunakan ngeces sampai 12jam.

Berikut video testimoninya gan.

roda2blog di sosial media