Berikut Tarif Resmi Plat Nomor Cantik Kendaraan

Ilustrasi Plat Nomor Enggak Cantik

Plat Nomor kendaraan (Nopol) dengan deretan angka cantik saat ini sudah ada tarif resminya. Siapa aja boleh memiliki asal siap duit untuk membayar.

Dasar hukum aturan ini adalah PP No. 60 Tahun 2016 tentang Jenis dan Tarif PNBP yang berlaku pada Polri, serta Keputusan Kakorlantas Polri Nomor: Kep/166/VIII/2019 tentang NRKB (Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor) Pilihan.

Plat nomor cantik ini enggak hanya untuk kendaraan baru, mobil tua bangka juga bisa kok memilikinya … asalkan kuat mbayarnya.

Berikut ini tarif plat nomer cantik:
1. NRKB satu angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 20.000.000. Ada huruf di belakang Rp 15.000.000.
2. NRKB dua angka. Tidak huruf di belakang Rp 15.000.000. Ada huruf di belakang Rp 10.000.000
3. NRKB tiga angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 10.000.000. Ada huruf di belakang Rp 7.500.000
4. NRKB empat angka. Tidak ada huruf di belakang Rp 7.500.000. Ada huruf di belakang Rp 5.000.000
Biaya diatas dibayarkan setiap lima tahun sekali.

Baca Juga:   Ngakali E-Tilang Pakai Plat Nomor Palsu, Ini Ancaman Hukumanya!

Dan berikut ini aturan mainya:

– Plat Nomer Cantik berlaku selama lima tahun dan dapat diperpanjang lima tahun lagi, namun pada kode wilayah yang sama.
– Nopol Cantik tidak berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor dipindahtangankan kepada pihak lain atau mutasi ke luar wilayah.

– Plat Nomer Pilihan tetap berlaku apabila pemilik kendaraan bermotor melakukan ubahan alamat, warna, dan mesin dalam kode wilayah yang sama.

– Masa berlaku Plat Nomer pilihan tercantum dalam surat keterangan NRKB Pilihan yang dikeluarkan oleh Ditlantas Polda atau Satlantas Polres/Ta/Tabes.

– Perpanjang NRKB Pilihan dilakukan bersama dengan perpanjang STNK dan jatuh tempo masa berlaku disamakan dengan masa berlaku STNK.

Baca Juga:   Kaki dan Tanganya Putus Dibacok Begal, Tapi Slamet Memberi Maaf Pada Pelaku

– Apabila kendaraan bermotor dipindahtangankan sebelum masa berlaku NRKB Pilihan habis, maka sisa masa berlaku akan habis, dan untuk penerbitan STNK yang baru dengan penerbitan NRKB Pilihan yang baru selama lima tahun.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan