Berjaya Di WSBK, Ini Alasan Kawasaki Masih Ogah Tampil di MotoGP

Kawasaki adalah salah satu brand sepeda motor yang punya imej kuat soal motor berkecepatan tinggi. Di kalangan motor Jepang, enggak ada yang bisa nyaingin kejantanan brand warna “ijo” ini. Sampai ada tagline Kalau ada Ninja ada Cinta, Ora Ninja Ora Cinta.

Laris manisnya Kawasaki Ninja 250cc adalah bukti bahwa ikutan balap di MotoGP enggak menjamin jualan motorsport-nya bisa laris. Honda dan Yamaha yang rajin ikutan MotoGP, produk motor 250cc-nya, Yamaha R25 dan Honda CBR250RR, kalah laris dari Ninja 250cc.

Dalam sejarah MotoGP, kawasaki sendiri pernah ikut, tapi di tahun 2009 mundur karena alasan biaya-nya terlalu mahal. Sejak saat itu, Kawasaki memilih fokus di WSBK, World Superbike Championship.

Baca Juga:   Rudal Kh-29, Salah Satu Rudal Dahsyat Yang Nemplok di Sukhoi TNI AU

Di ajang kompetisi superbike yang speknya mengambil dari motor yang dijual massal tersebut. Kawasaki menjadi rajanya. Sejak tahun 2012 sampai 2019. Dengan rider Jonathan Rea, tidak ada yang bisa mengusik tahta Kawasaki di WSBK dalam 5 tahun terakhir.

Dorna selaku promotor WSBK dan MotoGP beberapa kali membujuk Kawasaki untuk kembali ke MotoGP. Namun, bujukan Dorna ternyata tak mengubah pendirian petinggi di Kawasaki. Mereka tetap tak mau kembali ikut MotoGP.

Kepala Pengembangan Motor Balap Kawasaki di ajang WSBK, Yoshimoto Matsuda, menilai MotoGP bukan ajang balap yang tepat untuk timnya. “Anda harus memikirkan apa yang diminta MotoGP dari Anda, teknologi apa yang diperlukan,” kata Matsuda belum lama ini. “Jika memperhitungkan semua ini, MotoGP bukanlah pilihan kami,” lanjutnya.

Baca Juga:   Suzuki Jimny Reborn Cuma Tersedia 88 Unit Saja Di Indonesia

Konsultan Kawasaki, Ichiro Yoda, menjelaskan bahwa keengganan pihaknya terlibat di MotoGP disebabkan pertimbangan finansial. Ia menyebut dana yang diperlukan untuk ikut MotoGP 10 kali lipat lebih besar ketimbang yang dibutuhkan di WSBK.

Perbedaan WSBK dan MotoGP, klik berikut ini:
https://roda2blog.com/2014/01/13/perbedaan-motogp-dan-world-superbike-wsbk/

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan