Pemerintah Izinkan Motor Tua Dirubah Jadi Motor Listrik, Ditentang Produsen Motor

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Perindustrian (Kemenperin) sedang menggodok aturan untuk mengizinkan konversi kendaraan bermotor usia tua berbahan bakar fosil/BBM untuk dikonversi menjadi kendaraan bertenaga listrik murni.

Menurut Direktur Industri Maritim, Alat Transportasi, dan Alat Pertahanan (IMATAP) Kementerian Perindustrian, Putu Juli Ardika menyebut, kebijakan ini guna mendorong percepatan pembangunan ekosistem kendaraan listrik berbasis baterai di Tanah Air.

Namun ide ini dikritik para produsen dan agen pemegang merek kendaraan salah satunya adalah Yamaha, yang menjelaskan bahwa konversi untuk kendaraan bermotor jadi berbasis listrik murni tidak efektif dan efisien.

Pihak PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menyatakan, rencana pemerintah untuk melegalisasi konversi sepeda motor lawas alais jadul menjadi jadi listrik murni (battery electric vehicle/BEV) tidak memungkinkan alias mustahil.

Baca Juga:   Marc Marquez Bareng Honda CB Kastem, Pertanda Bakal Ada Motorsport Klasik Nih?

Alasannya, karena kendaraan listrik murni (BEV) memiliki kompleksitas tersendiri khususnya prihal kabel bertegangan tinggi, baterai, serta desain.

Namun jika mengikuti grup Facebook Kosmik (Komunitas Sepeda dan Motor Listrik) hal tersebut bukanlah hal yang mustahil. Sudah banyak kok yang bisa merakit sendiri motor listrik. Ataupun mengkonversi motor BBM ke motor listrik.

Saya sendiri sangat setuju kalau hal tersebut dilegalkan. Era energi listrik sudah waktunya sekarang. Di sektor pertanian aja, hampir semuanya alat-alatnya sekarang pakai listrik, mulai dari mesin semprot sampai mesin sumur sudah pakai summersible.

Berikit ini adalah contoh motor listrik karya anggota Kosmik. Jadi? jika memang dilegalkan saya yakin itu akan sangat menarik.

Baca Juga:   Bos Yamaha: Zarco Pantas Dapat Motornya Rossi

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan