5 Pembalap Honda Paling Sukses Dalam MotoGP

Pendiri Honda Motor Company, Soichiro Honda, dengan terkenal mengatakan, “Jika Honda tidak (ikut) balapan, itu bukan Honda.” / “If Honda does not race, there is no Honda.”

Dia mengerti bahwa lomba balap mobil atau motor sangat penting untuk jiwa kompetitif di perusahaannya dan orang-orangnya. Hingga hari ini, pembuat mobil Jepang ini menganggap balapan sebagai ajang yang sangat serius dan menginternalisasikannya sebagai kata-kata untuk dijalani.

Ini adalah salah satu dari banyak alasan mengapa Honda berpartisipasi dan sangat sukses di semua tingkat kompetisi olahraga motor; dari GoKart sampai Formula 1, WSBK dan Moto GP. Balapan ada dalam darah mereka.

Sebagai tim pabrikan paling sukses di ajang balap MotoGP, Honda memiliki banyak pebalap superstar atau nama-nama besar selama beberapa dekade.

Bergabung bersama Tim pabrikan Honda sudah jadi impian banyak orang.

Berikut nama-nama legendaris yang pernah perkuat Honda di MotoGP.

1. Mick Doohan
The superstar of MotoGP era terakhir 2 tak 500cc. Bersama Honda pria asal Australia ini meraih lima kali juara dunia, 54 kemenangan dan 137 balapan.

Baca Juga:   Pengalaman Pertama Trabas Pakai Honda CRF150L dan Kawasaki KLX150, Bikin Ketagihan Broo

Bergabung dengan Honda pada 1989. Doohan enggak langsung juara. Pada 1991 di hanya jadi runner up. Lalu musim malah crash hingga enggak masuk 3 besar. Tahun 1993 juga enggak bisa bersaing jadi juara.

Nahh, baru di musim 1994, Mick Doohan merajai MotoGP sampai musim 1998. Salah satu yang bikin heboh, adalah saat Doohan juara seri MotoGP 500cc Sirkuit Sentul tahun 1996-1997.

2. Valentino Rossi
Saat kali pertama gabung, Rossi udah dijuluki the next Doohan. Rossi sangat dominan bersama Honda. Tampil perkasa dan tidak bisa dikejar oleh lawan.

Selama tempat musim bersama Honda yakni pada 2000-2003, Rossi berhasil menyapu tiga juara dunia (2001-2003) sebelum akhirnya dia pindah ke Yamaha pada 2004.

Perpindahan ini banyak yang bilang karena Rossi enggak mau lagi disebut “The Next Doohan”. Dia ingin menulis sendiri sejarahnya bersama Yamaha dan berhasil.

Baca Juga:   Berapa Harga Kawasaki Z900RS Cafe di Indonesia

3. Fredie Spencer
Spencer bersama Honda selama tujuh musim pada 1981-1987. Dia merupakan revolusi pebalap roda dua asal Amerika Serikat di ajang Grand Prix.

Sama seperti Rossi, masa Spencer dan Honda merupakan romantisme, sebelum pindah ke Yamaha. Selama bersama Honda, dia berhasil meraih 2 juara dunia 500cc pada 1983-1985, dengan 20 kemenangan seri dan 48 balapan.

Pada 1985 Spenser merupakan pemenang GP termuda sampai akhirnya direbut Marc Marquez 30 tahun kemudian.

4. Wayner Gardner
Wayner Gardner pembalap asal Australia ini merupakan jalan masuk bagi para pembalap negeri Kangguru untuk menaikin motor Honda di MotoGP seperti Doohan dan Stoner.

Gardner bergabung pada 1983 dan pensiun pada 1992 bersama Honda. Dengan hanya meraih satu kali jura Dunia kelas Premier 500cc.

5. Marc Marquez

Kalau yang ini semua udah pada tahu dehh.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan