Hati-hati! Penipuan Penjualan Sepeda Murah di Marketplace

Seiring makin banyaknya peminat orang untuk bersepeda, banyak kasus penipuan dengan modus penjualan sepeda melalui penjualan online, baik melalui Facebook atau bahkan Marketplace.

Jika melalui Facebook orang sudah banyak tahu modusnya. Pembeli disuruh transfer duluan, lalu barang tidak dikirim.

Saat ini yang paling parah dan rawan adalah penipuan melalui Marketplace dengan harga yang miring. Di sini banyak orang yang tergiur dan tertipu karena memang selama ini marketplace imej-nya aman, karena ada pihak ketiga yang menjamin.

Padahal enggak! justru di Marketplace ini yang rawan.

Berikut ini contohnya promo harga sepeda di Marketplace Lazada dengan harga enggak masuk akal.

Thrill Ricochet yang harga termurahnya 8 jutaan, dibandrol 900ribu aja. Dan udah free ongkir.

Baca Juga:   SmartHalo, Asisten Digital Untuk Pengendara Sepeda

Bagi yang awam atau baru memulai hobi bersepeda, jelas harga tersebut bikin mupeng, ngebet banget. Apalagi ada embel-embel “Gratis Ongkir”.

Penipuan kayak gini, biasanya akan ada dua modusnya:

Pertama, pembeli akan diminta untuk bertransaksi di luar marketplace atau disuruh transfer langsung ke rekening si penipu.

Yang bahaya adalah, saat anda bertransaki dengan penipu melalui suara telepon, bisa digendam dan uang di rekening melayang semuanya.

Kedua, tetap transaksi melalui Lazada, tapi barang yang dikirim hanya “dummy” atau mainan sepeda. Nah barang nyampe ke rumah saat pembeli enggak ada di rumah dan penerima orang lain tapi tetap satu rumah.

Oleh kurir dilaporkan barang sudah nyampe, karena dalam 2×24 jam pembeli enggak komplen karena lagi ada kerjaan penting di luar rumah, dana di Lazada bablas ke penipu.

Baca Juga:   Tips Merakit Sepeda MTB United Speed, Harga Murah Barangnya Mewah

Nahh masalahnya, kenapa yang model gini tidak dibabat oleh pengelola marketplace.

Ada dua kemungkinan, Pertama, yang main kayak gini adalah orang dalam atau kerjasama dengan oknum di dalam.

Ketiga, barang kayak gini sengaja dimunculkan atau dibuat untuk meningkatkan rating SEO (Search Engine Optimation) pada marketplace tersebut di Google Search. Tujuanya untuk memenangkan kompetisi di dalam algoritma pencarian google saat ada orang mencari kalimat “harga sepeda”.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan