Sejarah Gunung Bedah di Madiun

Gunung bedah adalah sebuah bukit yang panjang di wilayah desa Nglambangan, Kecamatan Wungu, Madiun, yang dibedah atau dibelah untuk dijadikan jalan.

Gunung Bedah saat ini menjadi salah satu spot wisata bersepeda yang populer di Kabupaten Madiun. Dari kota Madiun jaraknya hanya 8 Kilometer.

Bedasarkan wawancara dengan warga desa, Gunungini dibedah pada zaman Belanda untuk jalan lori (kereta pengangkut barang).

Pada proses pengerjaan, menurut cerita warga, lokasi gunung yang akan dibedah sempat pindah 3 kali karena ketika digali keluar darahnya. Gunung atau bukit yang diakan dibedah (dipotong/diputus) memang panjang dan diyakini sebagai jenazah ular raksasa yang bertapa.

Saat ini Gunung Bedah ini yang dulunya jalan pintas sekarang tidak digunakan lagi sebagai jalan karena lokasinya yang milik perhutani dan jalan antar desa telah dibangun halus mulus oleh pemerintah kabupaten Madiun. Sehingga Gunung Bedah pernah dilupakan sampai kemudian ramai lagi karena musim bersepeda.

Baca Juga:   Candi Gembirawati, Tempat Menyesatkan Di Tepi Pantai Parangtritis Yogyakarta

Gunung ini kemudian dikelola oleh pemerintah desa jadi tempat wisata. Di hari sabtu dan minggu banyak penghobi sepeda yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi finish dari kota Madiun.

Lokasinya yang asri dan banyak makanan tradisional jadi daya tariknya.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan