7 Tempat Wisata Di Kota Madiun Yang Bikin Kota Ini Ngangeni

Tempat wisata di Indonesia selama ini kebanyakan hanya menjual keindahan alam mulai dari pemandangan alam, sungai, hutan, jurang sampai batu besar. Tempat wisata seperti itu saat ini mudah dijumpai karena hampir di setiap daerah ada.

Lalu yang populer kedua adalah wahana wisata, yaitu tempat wisata dengan wahana buatan seperti Jatim Park, WBL Lamongan, Water park dll. Namun wisata kayak gini ini mahal sekali tiket masuknya.

Hanya sedikit tempat wisata yang menawarkan keindahan suasana perkotaan, tempat nongkrong bersantai sambil menikmati suasana kota. Saya mencatat baru ada 3 yang digarap serius yaitu Cihampelas di Kota Bandung dan tentu saja Malioboro, Kota Jogja. Lalu yang terbaru ada Kota Madiun.

Sebagai kota kecil, Madiun tidak memiliki wisata alam. Makanya pemkot Madiun berusaha menjadikan beberapa penjuru kota adalah tempat wisata, bersantai yang nyaman, indah dan instagrammable.

Dari kota transit, Madiun ingin menjadi kota wisata yang murah meriah dengan banyak spot. Berikut ini beberapa Spot Wisata di Kota Madiun.

1. Taman Bantaran Kali
Di sepanjang sisi Kali Bengawan Madiun ini ada banyak fasilitas yang bisa dinikmati secara gratis. Mulai dari: Sirkuit Balap, Sirkuit BMX, Panjat tebing, arena skateboard, Running Track, Spot memancing yang sahdu di bawah bambu. Wis pokokee uenakk tenan. Di hari minggu jangan lupa ada Sunday Market. Semuanya gratis tis mas bro

Baca Juga:   Al Baha, Kota Beriklim Sub Tropis di Tengah Gurun Padang Pasir Saudi Arabia
Taman Bantaran Kota Madiun

Video Youtube:

2. Jalan Pahlawan, Malioboro-nya Jawa timur
Proyek ambisius Walikota Maidi ini patut diacungi jempol tenanan. Benar-benar membawa suasana Malioboro khas Jogja ke Madiun. Jalan Pahlwan sendiri adalah pusat mall di Madiun. Trotoar yang lebar dengan banyak kursi, temaram lampu, benar-benar membuat suasana malam Kota Madiun serasa Jogja.

3. Proliman Joyo
Tempat yang ngehits ini melalui lagu Deny Caknan. Juga bisa dijadikan alternatif nongkrong sambil menikmati hilir mudik kendaraan.

4. Lapangan Gulun.
Tempat favorit nongkrong bagi warga Kota Madiun. Selain lapangan bola juga ada banyak fasilitas buat olahraga. Mulai dari Jogging track, beberapa alat fitness, dll. Kalau malam hari juga uenak buat nongkrong karena lebih ramai dari alun-alun Kota.

5. Alun-alun Kota Madiun.
Saat terbaik nongkrong di alun-alun itu justru pas siang hari. Dengan konsep hutan mini dan banyak burung dara, bikin suasana adem sambil memberi makan burung dara. Rasanya kayak kota-kota di Eropa dengan ribuan merpati-nya.

Baca Juga:   2 Bulan Lockdown, Begini Nasib Barang di Mall Malaysia
Merpati alun-alun Kota Madiun. Foto: IG @madiunwisata

6. Senayan Mini Komplek Stadion Wilis.
Sore hari pengen olahraga atau sekedar Nongkrong, komplek stadion wilis tempatnya. Daerah ini emang di desain mirip dengan kawasan Senayan di Kota Jakarta. Dengan arena olahraga yang komplet.

Suasana Area Stadion Wilis, sumber foto: IG Seputar Madiun

7. Taman Trembesi
Hutan Kota ini berada di komplek kantor Kementrian Kehutanan Wilayah Madiun. Suasanaya benar-benar seperti di dalam hutan. Untuk masuk dikenakan biaya 5.000/orang. Di dalam bisa nyantai sambil ngopi.

8. Taman Parkir Sumber Urip atau Pecelland.
Masih di Jalan Pahlawan juga. Tepatnya di samping Plaza Madiun Hypermart. Bantaran kali yang dulu tempat parkir ini disulap sama Walikota menjadi taman bermain, mulai dari replika miniatur Kakbah sampai suasana sungai ala Korea.

Semuanya tempat wisata di atas gratis-tis, hanya perlu membayar parkir saja. Tentu yang diuntungkan adalah pelaku usaha di Kota Madiun. Akan banyak orang dari luar yang datang akan berbelanja dan menggerakkan ekonomi warga Kota Madiun.

Sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang dikelola swasta maupun pemerintah kota, seperti SunCity Festival, Taman Retno Dumilah Water park.

Have a nice traveling sob.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan