Cara Mengganti Hub Freehub Polygon Xtrada 2021

Polygon Xtrada seri tahun 2021 sudah memakai ukuran Boost untuk ukuran lebar Frame dan Hub Freehub rodanya. Jelas ini hal ini akan sedikit menyusahkan bagi pemilik sepeda yang ingin upgrade atau mengganti Hub Freehub (HFH)-nya dengan part yang lebih berkelas.

Apa sih ukuran Boost itu?
Boost adalah standard baru untuk lebar frame dan hub roda sepeda, dimana dropout (dudukan hub roda) memiliki lebar 110mm (roda depan) dan 148mm (roda belakang).

Sedangkan ukuran non Boost yg dipakai standard pada sepeda dulunya adalah 100mm (roda depan) dan 142mm (untuk roda belakang). Jadi ada selisih 10mm untuk as roda depan dan 6mm untuk as roda belakang.

Hub roda yang lebih lebar membuat sepeda yang lebih kokoh dan stabil. Sudut jari-jari roda yang lebih landai juga akan membuat roda yang lebih kuat dan kaku.

Baca Juga:   XOSS G+ Speedometer Cyclecomp Termurah Dengan GPS dan Support Strava

Yang artinya bagian tengah as roda depan dan belakang lebih lebar dibandingkan ukuran standard biasa.

Karena Hub Free Hub (HFH) after market seperti merek strummer, raze, Oxo, Ion, Formula dll belum banyak mengeluarkan HFH versi Boost maka caranya mengakalinya adalah dengan memakai adapter atau adjuster untuk memperpanjang as bagian tengah agar bisa dipakai pada frame dengan ukuran Boost.

Nah kali ini mimin mau berbagi tips dari Bengkel Dr. Sepeda Koko Siman Ponorogo. Tentang cara memasang HFH Strumer seri 039 agar bisa masuk ke Frame Xtrada 6 2021.

Cara dengan menambahkan adjuster/adapter milik HFH TA bukan QR. Ya walau HFH Strummer adalah seri 039 ini QR tapi adapternya memakai milik TA dan hasilnya emang lebih mantab dibanding memakai adapter QR.

Baca Juga:   Rute Gowes Gunung Cumbri Ponorogo dan Wonogiri

Kenapa? kalau pakai adapter QR ternyata banyak keluhan HFH mlese atau mleset saat dipakai. Sedangkan memakai adapter TA benar-benar paten.

Cara kerja adaptor TA
Adaptor TA menambah lebar HFH dengan menempel pada dudukan rem. Makanya lebih aman dan mudah dipasang dibandingkan adaptor QR yang menambah lebar pada lubang QR.

Jadi meskipun HFH ente masih QR adaptor yang dipakai adalah milik TA biar lebih aman dan enak dipasangnya.

Contoh adapter QR yg tidak rekomended untuk dipakai
Contoh adapter TA yang bisa juga dipakai pada Hub FreeHub QR.

 

Contoh yang sudah dipasang pada sepeda

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan