Solusi Mencuci Sepeda Tanpa Air

Mencuci sepeda dengan air terlalu sering tidak direkomendasikan. Hal ini karena bisa menimbulkan keausan pada part-part sepeda. Baik Sepeda MTB, Downhill, Roadbike sekalipun tidak direkomendasikan untuk mencuci dengan air terlalu sering.

Keausan sendiri bukan disebabkan air, tapi karena sistem pelumasan pada part sepeda tersebut menjadi kering karena sering terkena air.

Ambil contoh pada Headset, baik yang sudah bearing ataupun yang masih pelor, bisa gampang rusak jika terlalu sering dicuci diguyur pakai air.

Termasuk yang rawan juga bagian Hub Freehub dan Bottom Bracket (BB). Jika kering kemudian ada debu pasir yang masuk, akhirnya seret, selain tidak nyaman dipakai juga bisa merusakan karena gesekan antar bahan alloy.

Baca Juga:   Panduan Memilih Sepeda MTB Full Suspensi

Maka disarankan dalam membersikan sepeda, jika kotornya ringan, sebaiknya dicuci dengan sedikit air atau tanpa air. Bahasa kerenya “waterless”

Di Indonesia belum banyak produk perawatan pembersih sepeda yg waterless. Kalaupun ada, biasanya masih impor dengan harga yg mahal. Biasanya dijual di showroom-showroom sepeda kelas high end.

Salah satu solusi murah adalah memakai produk pembersih mobil dan motor merek Kit. Produk pencuci waterless nya punya harga terjangkau dan lebih murah dibandingkan yang khusus sepeda gowes.

Produk ini agak susah didapat di toko-toko offline, tapi lumayan banyak di toko online.

Dalam kemasanya, yang botol ada bonus lap microfiber jadi makin enak to memakainya. Enggak perlu repot nyari lap.

Baca Juga:   Kecanduan Sepeda Lagi

Untuk kemasan spray dibandrol sekitar 20ribuan sedangkan yang refill 17ribuan.

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan