Rute Gowes Gunung Cumbri Ponorogo dan Wonogiri

Gunung Cumbri adalah sebuah bukit dengan tinggi kurang lebih 800Mdpl yang terletak di perbatasan antara Ponorogo dan Wonogiri. Untuk bisa naik puncaknya, bisa lewat Ponorogo melalui Desa Kunci, kecamatan Sampung atau melalui Desa Biting, Kec. Purwantoro, Wonogiri.

Yang paling enak jelas lewat Biting, Wonogiri, karena jalanya sudah aspal halus mulus sampai Tumpak Kucing. Dari Tumpak Kucing, ke pintu masuk puncak Cumbri hanya sekitar 300 meteran saja.

Rute Gowes ini ke Cumbri ini sangat mengasyikkan. Karena suguhan tanjakanya yang sangat curam mencapai 32derajat, dan lumayan panjang.

Rute pertama:
Tugu Perbatasan Ponorogo – Wonogiri ke arah utara menuju Gunung Tumpak Kucing. Dari Tumpak Kucing, Turun 100 meter lalu ambil kiri di pertigaan ke arah Cumbri, sekitar 300 meter.
Rute jalan ini enak karena sudah aspal goreng di wilayah Wonogiri, memasuki Ponorogo di Tumpak Kucing jalanya hanya rabat beton.
Lewat rute ini tanjakanya lebih panjang tapi suasanaya sejuk karena banyak pohon menaungi jalan.

Baca Juga:   Polygon Cozmix TX 2.0 Sepeda Tua Yang Harganya Tetap Mahal

Rute kedua:
Pertigaan Pasar Badegan ambil ke utara menuju Desa Kunti. Dari desa Kunti ke arah Pagerukir. Begitu masuk gerbang selamat datang Desa Pagerukir akan penunjuk arah ke Cumbri dan Watu Dukun.
Rute ini tanjakan hanya ada 2 tanjakan yang curam, yaitu di Watu Dukun. Selebihnya tanjakan biasa saja. Jika kelewat jam 9 akan terasa panas, karena pohon di tepi jalan agak kurang.

Tanjakan pertama rute dari Desa Kunti ke Watu Dukun, Pagerukir.

Berikut ini foto-foto saya bersama Club Sepeda Gowes Mascot saat ke Cumbri. 27/12/2020.

Sepeda harus dipangkul jika ingin pose di atas. Lumayan lah, 500 meter dari pintu masuk
Pemandangan view-nya worthed banget kok
Ini rute dari Madiun ke CUmbri sesuai rekaman Strava

roda2blog di sosial media

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan