Pabrik Mobil Hyundai di Indonesia Siap Beroperasi Bulan Mei 2021, Apa Produk Pertamanya?

Ambisi Hyundai untuk menjadikan Indonesia sebagai basis produksi mobil di kawasan ASEAN telah dimulai dengan pendirian pabrik yang nilai investasinya mencapai US$ 1,5 miliar di kawasan Cikarang, Jawa Barat.

Chief Operating Officer (COO) Hyundai Motor Asia Pacific, Lee Kang Hyun, mengatakan tugas pertama pabrik itu adalah membangun prototype atau purwarupa mobil baru yang akan menjadi andalan Hyundai di Indonesia dan pasar regional.

Kapasitas maksimal pabrik itu adalah 150.000 unit per tahun dan akan menjadi pabrik Hyundai terbesar di Asia Tenggara.

Yang menarik dari rencana bisnis Hyundai di Indonesia tentang pemasaran. Pabrikan asal Korea Selatan itu memilih untuk mendirikan sendiri jaringan distribusi pemasaran produknya dengan mendirikan PT Hyundai Motors Indonesia sebagai distributor resmi.

Baca Juga:   Wassalam, Datsun dan Nissan Berhenti Produksi di Indonesia

Ini berbeda dengan merek mobil lain terutama asal Jepang yang menggandenga perusahaan lokal untuk pemasaranya. Ambil contoh Honda dengan Prospect Motor, Toyota gandengan dengan Astra, Suzuki dengan Indomobil.

Hyundai sepertinya ingin meniru kesuksesan Wuling dalam menerobos cengkeraman produsen mobil asal Jepang. Selain berinvestasi mendirikan pabrik, Wuling juga mendirikan jaringan pemasaran sampai “Finance” sendiri untuk pembiayaan mobil kreditnya.

Yang menarik sekarang ini adalah menunggu apa produk “pertama” Hyundai Indonesia. Jangan sampai mobil produk pertama itu adalah mobil yang dikembangkan di luar negeri lalu di pasarkan di Indonesia, dijamin enggak akan bisa laris. Contohnya banyak, salah satunya ya Wuling Confero itu.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan