5 Tempat Wisata Ngehits di Makassar

Sunset di Pantai Losari. Foto: Instagram @rinaldy_sillia

Siapa yang tak kenal kota Makassar? Semua orang sepertinya tahu dengan kota besar yang ada di Sulawesi Selatan ini. Tapi, pada tahu jugakah kita semua dengan tempat-tempat wisata yang ada di kota Makassar? Sebagian dari kita sepertinya masih ada yang belum tahu. Nah, oleh karena itu, ini dia tempat-tempat wisata hits di kota Makassar yang wajib kita tahu!

1. Trans Studio Makassar
Ini adalah tempat tujuan wisata di Kota Makassar yang paling hits. Sebelum dibuka di kota lain, di Makassar sudah lebih dulu. Ya, Trans Studio Makassar adalah Trans Studio pertama yang ada di Indonesia. Di tempat ini terdapat berbagai macam wahana dan fasilitas. Tak hanya menghibur, tetapi juga banyak wahana dan fasilitas ini yang mengedukasi. Sebab memang, Trans Studio Makassar ini ditujukan sebagai tempat rekreasi keluarga, yang terdiri atas orang tua, orang dewasa, remaja, dan juga anak-anak.

Trans Studio Makassar. Foto: Instagram @e_st4r

Konsep Trans Studio Makassar ini memang indoor park. Namun yang di Makassar bukan hanya Trans Studio yang pertama, tetapi juga yang terbesar. Luas lahannya sendiri itu sekitar 2.7 Hektar. Dan jumlah total wahananya, itu ada 22 wahana. Dan seperti halnya Trans Studio di kota lain, Trans Studio Makassar ini juga terbagi menjadi kawasan-kawasan dengan tema yang berbeda dan juga unik.

2. Pantai Losari
Gak afdol rasanya ke Makassar jika tidak ke Pantai Losari. Iyalah, Pantai Losari kan salah satu ikon wisata kota Makassar. Sebuah pantai cantik dengan konsep tata ruang yang unik. Karena yang akan lihat pada pinggiran pantai bukanlah pasir putih atau suasana alam yang masih asli. Di Pantai Losari kita justru akan disuguhi dengan banyak tembok-tembok beton. Bukan tanpa sebab dinding beton ini dibuat, tetapi memang hal itu difungsikan sebagai penahan gelombang yang juga sekaligus mencegah abrasi dari air laut. Jika ke pantai Losari, datanglah di saat pagi atau sore. Sunrise dan sunset yang ada di sana akan sangat disayangkan jika terlewatkan.

Baca Juga:   Piknik Asik dalam Touring Bikepacker Honda Yogyakarta
Sunset di Pantai Losari dengan latar masjid kubah 99. Foto: Instagram @rinaldy_sillia

3. Masjid 99 Kubah Makassar
Yang pernah ke Makassar sebelum tahun 2017 pasti belum tahu dengan masjid yang satu ini. Ya, sebab Masjid 99 Kubah itu baru dibangun tahun 2017 dan diresmikan tahun 2019. Masjid yang jadi ikon baru kota Makassar ini sangat unik. Punya detail rumit sehingga menghababiskan dana hingga 182 Miliar rupiah.

Keunikan masjid ini tak hanya itu saja. Masjid yang didesain oleh Ridwan Kamil (yang sekarang menjabar Gubernur Jawa Barat) itu juga punya fakta-fakta menarik lain. Misalnya saja dibangun di sekitar Pantai Losari, yang merupakan kawasan Center Point Of Indonesia (CPI) Makassar; mampu menampung 5000 jemaah; tidak menggunakan pendingin ruangan karena konsepnya yang terbuka; dan juga memiliki 99 kubah kecil. Dan ya, fakta terakhir kemudian menjadi nama dari masjid ini, Masjid 99 Kubah. Jumlah 99 tentu saja merujuk jumlah nama asmaul husna. Tak lupa, perpaduan warnanya juga sangat cantik. Jingga, merah, dan kuning membuatnya tampak sangat estetik.

4. Pantai Akkarena
Pantai yang satu ini mungkin tidak seterkenal Pantai Losari. Akan tetapi buat warga Makassar, Pantai Akkarena ini juga merupakan ikon wisata di sana. Tak hanya sajian alam pantainya yang indah dipandang mata. Sajian kuliner nan enak, akan memanjakan lidah siapa pun yang main ke sana. Apa lagi kalo bukan olahan ikan segar. Cita rasanya yang nikmat dan pedas yang memang sudah menempel di kota Makassar, terwakili dengan menjajal makanan-makanan yang ada di Pantai Akkarena.

Baca Juga:   Nasi Gabok dan Bothok, Kuliner Khas Tawangmangu hanya Seribuan Perbungkus

5. Masjid Raya Makassar
Ini juga merupakan ikon buat kota Makassar. Masjid Raya Makassar. Untuk yang gemar wisata religi, harus deh mampir ke masjid ini. Sebuah masjid yang memiliki konsep yang megah. Desain arsitekturnya sangat cantik dan juga mewah. Menara tinggi menjulang setinggi 66,66 meter, kaligrafi-kaligrafi indah di dinding ruangan, dan kubah-kubahnya menambah megah Masjid Raya Makassar ini.

Masjid Raya Makassar mulai dibangun di tahun 1948, dan resmi dibuka di tahun 1949. Akan tetapi, hingga bisa seindah sekarang, masjid ini mengalami renovasi, yakni mulai tahun 1999 hingga tahun 2005. Masjid yang didesain oleh arsitek Muhammad Soebardjo ini sangat luas. Bagian dalamnya saja mampu menampung hingga 10.000 jamaah. Ada fasilitas perpustakaan, bahkan Majelis Ulama Indonesia (MUI) Sulawesi Selatan pun berkantor di sana.

Itu dia 5 tempat wisata ngehits yang banyak dikunjungi di kota Makassar. Belum ke Makassar jika tak mengunjungi salah satu atau kelima tempat ini. Anda berencana mengunjungi Makassar dalam waktu dekat? Cek tiket di Traveloka sekarang juga. Siapa tahu Anda bisa mendapatkan penawaran terbaik. Harga yang murah dan juga waktu yang tepat. Tapi pastikan ya, mulai dari rumah, hingga sampai di Makassar, bahkan hingga kembali lagi ke rumah, Anda taat dengan protokol kesehatan. Supaya tubuh Anda dan keluarga selalu sehat, sehingga perjalanan ke Makasar pun akan menyenangkan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan