Panduan dan Tips Aman Memilih Aplikasi Investasi Online

Mempunyai smartphone saat ini ibarat memiliki pedang bermata dua, satu sisi bisa menghabiskan uang dan di satu sisi juga bisa menambah penghasilan. Salah satu cara mendapatkan duit adalah berinvetasi melalui Aplikasi Investasi dan sekarang bisa dilakukan secara online dengan sangat mudah melalui aplikasi pluang.com

Investasi online saat ini sedang menjadi salah satu alternatif untuk menambah pendapatan bagi generasi millineal dan Gen Z. Investasi online sangat mudah, tidak ribet dan aman karena diawasi langsung oleh OJK, jadi kalian harus memastikan dengan benar bahwa aplikasi pengelola investasimu adalah kredibel dan resmi.

Di aplikasi investasi pluang.com kamu bisa melakukan Investasi Online di beragam kelas aset seperti Emas, S&P 500, Kripto, dan Reksa dana. Salah satu kelebihan di aplikasi ini adalah modal awal yang sedikit dan biaya yang rendah. Ucapkan Selamat tinggal spread besar, biaya komisi dan biaya tersembunyi lainnya!

Harus diakuin bahwa yang namanya Investasi apalagi yang melibatkan saham, pasar modal, obligasi, dan lain sebagainya itu cukup asing di telinga orang awam. Apalagi kalau sudah menyangkut Kripto si mata uang digital yang sekarang lagi ngetrend dan terus naik nilainya.

Sobat enggak perlu minder, kini banyak aplikasi investasi yang mengakomodasi kebutuhan para pemula. Aplikasi tersebut akan membimbingmu untuk menanamkan modal dari yang berjumlah kecil hingga besar sesuai dengan kondisi keuanganmu. Salah satunya adalah pluang.com ini.

Dan ingat dalam berinvestasi harus digunakan akal sehat, jangan mudah terbujuk rayu dengan tingkat keuntungan tinggi yang tidak masuk akal, yang biasanya ditawarkan oleh investor abal-abal melalui arisan online berantai ala ponzi yang sudah banyak makan korban. Apalagi yang model member get member dengan iming-iming hadiah kapal pesiar dan helikopter.

Baca Juga:   Polytron ZAP5, Smartphone 4G LTE harga 1 juta dengan Spek Redmi 1s

Aplikasi Investasi yang baik, selain berusaha mengembang biakkan uangmu, juga harus edukatif dan interaktif agar kamu sebagai investor juga makin bertambah pengetahuanya tentang dunia investasi. Baik tentang saham, obligasi, uang kripto, emas sampai pasar valas. Ini penting, agar pengetuan si investor juga harus bisa naik kelas.

Di jaman now ini kehidupannya emang bergantung dengan smartphone. Kebanyakan dari kita menggunakan smartphone untuk update kehidupan sosial bahkan ada juga yang sukses cari duit jadi content creator untuk media sosial. Tapi sekarang menabung dan berinvestasi enggak harus melulu melalui tabungan atau deposito di bank, bisa juga dilakukan melalui smartphone semudah update status.

Berikut ini tips dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dalam memilih aplikasi investasi.
Supaya keuntungan dari investasi online bisa Sobat nikmati, berikut adalah tips yang perlu diperhatikan.

1. Memilih investasi online yang tepat

Investasi online hadir dalam berbagai jenis pilihan, di antaranya investasi saham, reksa dana, emas, valuta asing, hingga pendanaan UMKM atau yang dikenal sebagai P2P (peer-to-peer) lending. Mekanisme dari investasi-investasi ini berbeda, begitu juga dengan tingkat keuntungan yang didapat dan risiko yang ditanggung. Kenali jenis investasi online dengan baik agar Sobat Sikapi bisa mendapatkan keuntungan yang maksimal.

2. Menilai kredibilitas broker

Investasi online tentu saja juga difasilitasi oleh broker yang dalam hal ini adalah aplikasi investasi. Tidak seperti investasi konvensional, investasi online menggunakan sistem yang tidak mendukung aktivitas tatap muka secara langsung antar broker dan investor. Penting bagi Sobat Sikapi untuk mengetahui calon broker yang akan mengelola dana investasi. Pastikan broker tersebut memiliki pengalaman di bidang pengelolaan dana investor dan memiliki latar belakang yang kredibel.

3. Memahami skema investasi online

Broker yang kredibel dapat dipastikan memiliki skema investasi yang jelas bagi investornya. Skema ini dapat dijadikan sebagai gambaran mengenai metode pengelolaan dana. Skema investasi diharapkan membuat para investor mampu menilai apakah investasi tersebut layak diikuti atau tidak. Hindari investasi dengan skema Ponzi yang merupakan salah satu bentuk investasi bodong. Jadilah investor yang bijak.

Baca Juga:   Review Powerbank Xiaomi 10400, Hot Item

Jika Sobat Sikapi menemukan kejanggalan dalam skema investasi, kalian perlu menanyakan langsung kepada broker mengenai kejelasan skema tersebut.

4. Memahami tingkat risiko investasi online

Investasi apapun tidak pernah lepas dari risiko. Tingkat risiko yang akan dihadapi selalu berbanding lurus dengan tingkat keuntungan yang mungkin diterima. Semakin tinggi keuntungan maka semakin besar juga risiko yang harus ditanggung oleh investor.

Sebelum memilih investasi online. Sobat Sikapi perlu mengetahui tingkat risiko yang akan dihadapi bila bergabung dengan investasi tersebut. Bandingkan risiko antar investasi online untuk mengetahui sejauh mana Sobat Sikapi sanggup jika suatu saat dihadapkan pada risiko tersebut.

5. Melakukan diversifikasi investasi online

Berinvestasi di satu jenis produk investasi online sangat tidak disarankan karena risiko dan kerugian yang diterima akan menjadi besar. Jika Sobat Sikapi melakukan diversifikasi pada investasi online, saat nilai investasi satu produk turun, ada kemungkinan nilai inevstasi dari produk lainnya naik sehingga kerugian yang Sobat Sikapi tanggung tidak sebesar saat bergabung pada satu jenis investasi online saja.

Saat ini berinvestasi sudah semakin mudah dan cepat. Sobat Sikapi tidak perlu datang langsung ke perusahaan sekuritas atau penyedia investasi lainnya. Jika Sobat Sikapi tidak memiliki banyak waktu, dapat memanfaatkan fasilitas investasi online agar investasi dapat diakses di mana saja dan kapan saja.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan