XOSS G+ Speedometer Cyclecomp Termurah Dengan GPS dan Support Strava

Speedometer di sepeda gowes adalah motivator untuk terus latihan gowes, selain menunjukkan angka kecepatan, speedometer di sepeda ontel juga harus bisa merekam jarak tempuh dan terkonek dengan aplikasi strava.

Dengan aplikasi strava, selain untuk merekam data kecepatan dan jarak tempuh, yang utama yang buat dipampang di media sosial.

Ada dua jenis speedometer untuk sepeda angin,
Yang Pertama speedometer manual yang hanya merekam kecepatan dan jarak tempuh.
Yang kedua adalah Cyclecomp atau Bicycle Computer yaitu perangkat pintar yang selain merekam kecepatan juga merekam data lainya seperti detak jantung, jarak tempuh, memiliki koneksi GPS dan Bluetooth untuk koneksi ke smartphone.

Speedometer manual tanpa disertai koneksi nirkabel, sehingga biasanya butuh kabel dan sensor yang dipasang pada ban atau roda sepeda untuk mengukur kecepatan. Contohnya Cateye Velo 7. Harga di kisaran 150ribuan.

Cyclecomp harganya bisa sampai 3 jutaan, tergantung fitur yang ditawarkan.
Kali ini R2B mereview Xoss G+ cyclecomp termurah dari Hongkong yang dijual seharga 350ribu saja untuk paket basic, yaitu hanya cyclecomp nya saja, tanpa sensor cadence dan jantung.

Baca Juga:   Kenalan Sama Sepeda MTB Merek Patrol

Xoss G+ ini sudah terkoneksi dengan GPS untuk pengukuran kecepatan dan jarak tempuh. Juga ada koneksi Bluetooth untuk koneksi dengan Handphone. Dan aplikasi XOSS G+ bisa dikoneksi dengan aplikasi Strava, jadi bro sis enggak perlu repot-repot menghidupkan Strava saat gowes, cukup menghidupkan spedometer XOSS G+ aja.

Layarnya memakai tipe hitam putih dengan ukuran yang cukup lebar. Di bawah panas matahari tetap enak dilihat dan terbaca dengan jelas.

Untuk batereinya, menggunakan baterei tanam yang bisa dices ulang dengan port cesnya tipe usb micro. Cukup 30 menit sudah penuh. Saya pakai gowes selama 4 jam, cuma berkurang 1 bar saja.

Dalam paket pembelian, sudah dilengkapi dengan dudukan speedometer yang bisa dipasang di stang atau di stem. Tapi kami saranin untuk pakai Barfly buatan sram, biar lebih mudah ngelihat speedometernya. Kecuali kalau bro sis pakai stem yang panjang, bisa pas banget dipasang di atasnya.

Baca Juga:   Pandemi Corona, Penjualan Sepeda Gowes Malah Naik

Soal kena air juga jangan khawatir. Xoss G+ ini diklaim sudah memiliki sertifikan IP67 yang artinya tahan terdapat air, debu dan goncangan.

Untuk menampilkan informasi Cadence dan Detak Jantung, bro sis harus membeli lagi perangkat bernama Magene II. Untuk sensor cadence di pasang di pedal. Untuk sensor jantung dipasang di lengan. Nantinya si Magene ini dikoneksikan ke Xoss G+ melalui jaringan bluetooth. Hasilnya nanti juga bisa konek ke Strava.

Oke demikian reviewnya semoga bermanfaat bro sis.
Tetap semangat latihan bersepedanya dan jangan sampai jadi budak Strava ya, harus terukur dan teratur.

 

 

 

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan