Tip dan Cara Meningkatkan Kemampuan Bersepeda Menaklukan Tanjakan

Kenal dunia hobi bersepeda tahun 2017, namun performa bersepeda saya meningkat dalam 2 tahun terakhir ini. Yang paling mengesankan adalah sukses menaklukan tanjakan cemoro sewu dengan bersepeda dari rumah. Ini adalah puncak tertinggi yang pernah saya taklukan, dengan ketinggian mencapai 1.800 meter di atas permukaan laut. Vlog videonya ada di bawah ya.

Berikut ini pengalaman saya dalam meningkatkan performa bersepeda, dengan sepeda MTB dengan target mengingkatkan kemampuan di tanjakan.

1. Gabung Komunitas Gowes.
Selama hampir setahun memulai hobi gowes dari tahun 2017-2018 saya memilih gowes sendirian, dan hampir tidak ada progres peningkatan kemampuan baik soal power maupun teknis, terutama karena kurangya informasi tentang teknik pengoperan sprocket yang benar.

Kemampuan mulai meningkat setelah gabung dengan Tim Mascot (Komunitas Gowes Madiun Selatan) dan rajin ikut gowes bareng tiap hari minggu. Di komunitas ini banyak belajar tentang teknik pedalling, operan gigi, sampai pernafasan. Terutama ada senior di Mascot yang telaten menemani dan membimbing saat di tanjakan.

Baca Juga:   Jerman Bebaskan Warganya Bersepeda Selama Pandemi Corona

2. Setiap hari latihan walau cuma keliling kampung
Setiap pagi saya usahakan gowes walau cuma keliling kampung 5-6km. Enggak usah terlalu ngoyo, yang penting otot kaki tidak kaget saat gowes bareng di hari minggu yang biasanya rutenya pasti tanjakan. Cuma selepas sholat subuh terus jam 6.30 sudah nyampe rumah.

3. Jaga kualitas tidur.
Usahakan untuk segera tidur ketika jam menunjukkan pukul 10 malam. penting karena selain tubuh biar istirahat juga biar bisa bangun pagi latihan gowes lagi.

4. Kurangi makanan karbohidrat perbanyak protein.
Karena punya riwayat asam urat, untuk sumber protein saya memilih dari sumber nabati bukan hewani. Seperti tahu dan tempe. Lha emang boleh asam urat memakan tahu tempe dan kacang-kacangan. Yup, boleh kok, itu riset dari Universitas di Singapura sana. Yang enggak boleh adalah protein dari hewan seperti ayam, ikan dan sapi.

Baca Juga:   Polygon Xtrada 6 Sepeda MTB Yang Paling Worthed

5. Kurangi konsumsi minuman mengandung gula.
Kalau yang ini sangat membantu menurunkan berat badan. Dari berat badan 95KG sekarang stabil di angka 79-80KG. Turun hampir 15KG, masih jauh dari ideal karena sesuai indeks BMI, berat badan ideal untuk saya adalah 70KG.

Oke demikian tips dari saya dalam meningkatkan kemampuan bersepeda, untuk Vlog gowes ke cemoro sewu ada di bawah ini:

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan