Sebelum Dibawa Ke Bengkel Resmi Yamaha, Begini Cara Mastiin Kondisi Motor

Yamaha Soul GT

PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (PT YIMM) selaku produsen motor Yamaha di Indonesia terus memberikan kemudahan bagi pengguna Yamaha dalam merawat motornya. Terutama dalam hal komunikasi antara konsumen dengan jaringan bengkel resmi.

Untuk memberi kemudahan, PT YIMM telah meluncurkan aplikasi untuk smartphone bernama My Yamaha Motor. Yang memberikan kemudahan akses komunikasi antar konsumen dengan jaringan resmi Yamaha.

Fitur-fitur yang disajikan dalam aplikasi My Yamaha Motor adalah informasi servis & garansi, pesan/pengingat servis, informasi dealer, riwayat servis motor serta informasi produk, event dan promo.

Fitur unggulan lainya adalah konsumen tidak perlu khawatir apabila sepeda motor mengalami problem atau mogok, langsung saja mencari dealer resmi Yamaha dengan logo SKY (Service Kunjung Yamaha), teknisi kami siap untuk membantu dengan mengunjungi lokasi Anda.

”Dalam kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) saat ini dimana aktivitas berlangsung terbatas sehingga sepeda motor sebagai alat transportasi jarang digunakan, agar kondisinya tetap terjaga baik, kali ini kami memberikan cara pemeriksaan motor yang bisa dilakukan konsumen sebelum meminta bantuan teknisi dari jaringan resmi Yamaha,” ungkap Johannes BMS, Chief Yamaha DDS 3 (Jawa Tengah – DIY).

Baca Juga:   Yamaha Luncurkan Warna Baru XSR155

Nah kali ini mimin mau berbagi tips untuk ngecek kondisi motor anda jika ada terjadi troubel sesuatu, lalu kemudian bisa anda sampaikan ke mekanik bengkel resmi tentang keluhanya :

1.Cek fungsi main switch / kunci kontak

Periksa kunci kontak apakah dapat berfungsi dengan baik sebagai penyambung atau pemutus arus kelistrikan.

2. Cek fungsi starter

Periksa fungsi starter dengan menekan tombol starting, jika motor sulit dinyalakan, atau tidak bisa menyala sama sekali berarti ada masalah. Hal berikut adalah penyebab sepeda motor Anda sulit hidup yaitu kelistrikan, pengapian, bahan bakar dan kompresi.

3. Cek kondisi putaran mesin sepeda motor

Jika sepeda motor dapat menyala, panaskan sepeda motor selama 5 menit, kemudian cek kondisi putaran mesin apakah normal seperti biasanya atau tidak. Jika putaran mesin dirasa tinggi, rendah, atau tersendat-sendat berarti ada masalah di sistem injeksinya. Biasanya kerusakan dapat terlihat pada indikator kerusakan (indikator warna orange) pada speedometer, indikator tersebut akan berkedip atau menyala.

Baca Juga:   Di Jogja Makin Ngetrend Modifikasi Yamaha WR155 Menjadi Supermoto

4. Cek lampu penerangan dan sinyal pada kendaraaan

Perhatikan kondisi lampu penerangan, cek fungsi lampu dekat dan jauh. Fungsi sinyal juga penting untuk diperhatikan karena berkaitan dengan fitur keamanan dan keselamatan berkendara seperti lampu sein dan lampu rem harus dalam kondisi yang baik.

Jika sudah memeriksa hal-hal di atas, dokumentasikan hasil pemeriksaan tersebut melalui foto atau video dan sampaikan hasil pemeriksaan tersebut kepada petugas dealer resmi yang akan dihubungi nanti. Dengan adanya informasi pemeriksaan sederhana tersebut sangat membantu teknisi dalam penyelesaian problem lebih cepat, tepat, dan akurat.

Gunakan aplikasi My Yamaha Motor, masuk pada menu informasi dealer. Lalu hubungi dealer resmi Yamaha terdekat untuk mendapatkan layanan Service Kunjung Yamaha (SKY) dimana teknisi bisa datang ke tempat tinggal konsumen atau lokasi yang ditentukan untuk melakukan pengecekan.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan