Benarkah Desain Thrill Ravage Menjiplak Moondraker Podium?

Produsen sepeda asal Indonesia merek Thrill terkenal dengan sepeda dengan model punuk onta-nya. Desainya yang gagah dan berbeda dengan merek lain ini, berhasil menarik perhatian para penghobi gowes, terutama seru Ravage dan Vanquish.

Bagi penghobi foto-foto keren sepeda MTB, desain si Thrill Ravage ini sudah enggak asing lagi. Desain seperti itu sudah duluan ada pada sepeda Moondraker Podium. Ya cuma karena harga sepeda Moondraker yang mahal, jadinya enggak membumi terkenal di Indonesia.

Terus siapa dong pemilik desain sepeda berpunuk seperti itu? Moondraker atau Thrill.

Moondraker adalah perusahaan sepeda khusus MTB asal Spanyol yang berdiri tahun 2001. Yang terkenal dari pabrikan ini adalah paten dari Forward Geometri yang punya ciri khas bagian punuk itu.

Baca Juga:   Tip dan Cara Meningkatkan Kemampuan Bersepeda Menaklukan Tanjakan

Menurut website resminya, Forward Geometri ini punya keuntungan sebagai berikut ini:

Moondraker podium dengan fork upside down dari Rockshox

Keuntungan utama dari Forward Geometry adalah keamanan dan kepercayaan diri yang lebih besar saat menghadapi turunan curam bahkan pada kecepatan tinggi, penanganan yang lebih reaktif, langsung dan presisi, presisi yang lebih baik pada tanjakan dan stabilitas yang lebih baik di bagian teknis dan medan bergelombang, dengan cengkeraman yang lebih baik dan kontrol yang ditingkatkan.

Meski mirip, namun bagian finishing ada perbedaan jelas antara Thrill Ravage dan Moondraker Podium. Si Podium lekukanya sangat mulus di bagian punuknya, dengan stem yang segaris dengan frame atas. Sedangkan Ravage terlihat kasar seperti ada sambungan dengan stem bulat yang tidak segaris.

Baca Juga:   Sepeda Lipat Pacific Yang Paling Rekomended
Thrill Ravage 2020

Dari penulusuran kami, belum menemukan adanya kerjasama antara Thrill dan Moondraker. Desain ala Moondraker Podium ini sudah banyak yang menjiplak terutama sepeda-sepeda murah impor asal China berbahan dasar steel.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan