Tentara Australia Uji Sepeda Listrik Siluman Untuk Mata-mata

Saat ini militer Australia sedang melakukan pengujian dan mendemonstrasikan sepeda khusus berkemampuan siluman bernama e-bike untuk misi pengintaian, pengujian dilakukan di daerah Queensland oleh 2nd/14th Light Horse Regiment Australia.

Munculnya ide ini disebabkan rumitnya pasukan unit pengintaian yang memakai kendaraan besar dengan suara cukup bising, sedangkan memakai kendaraan bermotor juga dapat memghasilkan suara keras dari kenalpot dan mesinnya. Oleh karena itu, munculah solusi bernama e-bike, yang memiliki keunggulan lebih kecil, tidak bising, gesit, tidak menghasilkan jejak ditanah dan tidak mengeluarkan banyak debu yang dapat dilihat oleh pasukan musuh.

Bahkan dalam hasil dari pengunjian e-bike bahwa sepeda itu jauh lebih efektif daripada sepeda motor standar. Spesifikasi e-bike sendiri memiliki kecepatan hingga 88 km/jam dengan jarak jangkauan maksimum sampai 100 km jauhnya, ini berarti sepeda e-bike yang ditenagai listrik ini mampu mencapai jarak 48 km hanya dalam waktu 30 menit.

Baca Juga:   Kondom Bekas Untuk Bahan Permen Karet

Dengan tenaga listrik, e-bike hanya menghasilkan suara kurang dari 55 desibel, ini lebih sunyi dari pada kendaraan bertenaga gas, lebih sunyi dari pada suara AC dan lebih tenang dari pada suara alam sekitar. Masih harus dilihat apakah Australia akan mengadopsi e-bikes ke dalam pasukan mereka, ketika negara itu melanjutkan proses modernisasi untuk kemungkinan perang Pasifik.

Pengalaman masa lalu seperti saat pasukan sepeda tentara Jepang dapat merebut tempat tempat penting dengan cepat di Semenanjung Malaya hingga Pulau Jawa menunjukkan bahwa sepeda memberikan keunggulan berharga bagi militer yang dapat menggunakannya secara massal di Pasifik Timur.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan