Awas Banyak Spare Part Motor Palsu di Maketplace, Kapan Ditindak!!

Sori gaes nyebut merek marketplace secara spesifik. Ini karena bentuk kegundahan di hati yang harus dilampiaskan. Karena ada ketidak adilan di sini.

Flash back tahun 2017, salah satu toko onderdil motor terkenal di Jogja digerebek polisi karena menjual barang berlabel Honda Genuine Part tapi ternyata isinya barang palsu. BACA DI SINI BERITANYA 

Nah, di tahun 2021, mimin menemukan ada penjual di marketplace yang melakukan hal yang sama. Menjual barang yang dikemas mirip dengan Honda Genuine Part tapi belum ditindak. Baik oleh Tokopedia sendiri sebagai penyedia layanan jasa, ataupun oleh pihak polisi.

Enggak hanya merek Honda, tapi juga merek Yamaha dan Kawasaki juga dipalsukan.

Si seller sendiri, jika dikomplain selalu banyak alasan. Pihak Marketplace sendiri selaku yang menjembatani antara seller dan buyer juga cenderung pasif, dan ujungnya buyer harus ikhlas terima nasib.

Baca Juga:   Rayakan Hari Pelanggan Nasional, Yamaha Gelar Vaksinasi di 198 Dealer di Jogja

Kenapa saya sebut ini penipuan, pemalsuan dan merugikan konsumen. Karena dalam deskripsinya, si seller ini menulis bahwa barangnya dijualnya orisinal atau asli dengan harga yang lebih murah.

Ternyata kualitas barang yang didapat, bahkan bisa lebih jelek dari barang KW yang harganya lebih murah setengah harga.

Harusnya seller jujur aja dengan barang yang dijualnya, sebut aja KW1 atau imitasi, harga lebih murah. Jangan dengan sengaja menipu agar pembeli tertarik dengan melabelinya barang ori, asli, geniuine part.

Coba bayangin efek kerugianya, misal ada anak muda baru buka usaha bengkel. Terus beli barang di toko tersebut senilai 10juta untuk stok bengkel, eh ternyata barang yang dibeli ternyata palsu yang harusnya harganya hanya separuhnya aja.

Baca Juga:   MotoGP 2019: Rossi Makin Ompong Apanya Yang Salah

Mau toko itu online atau toko fisik, kalau kelakuanya kayak gitu kan sama aja merugikanya. Efek kerugian yang ditimbulkan sama to? Tinggal bagaimana apakah keadilan sosial sila ke-5 juga bisa ditegakkan pada toko online?

Karena toko konvensional kalau ketahuan jual spare part palsu, bisa digrebek polisi lhoo.

Berikut ini screenshoot dari curhatan para pembeli spare part palsu di marketplace. Ditunggu tindakan dari aparat dan pihak marketplace sendiri.

Be the first to comment

Tinggalkan Balasan